Mohon tunggu...
Kezia Tesalonika
Kezia Tesalonika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Studies - Public Relations

Hello, welcome to my page, my name is Kezia Tesalonika. I'm President University Student and majoring in Communications (Public Relations)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengenal Robby Samudra, Si Mahasiswa dengan Beragam Prestasi

27 Oktober 2021   14:58 Diperbarui: 27 Oktober 2021   21:30 121 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok. Robby Samudra 

Robby Samudra atau yang akrab disapa Robby, lahir di Padang pada tanggal 10 April 2002. Pria kelahiran awal April ini memiliki zodiak Aries. Robby merupakan anak ketiga dari pasangan Alm. Sudirman Samin dan Elya Katmiza Eriva. Robby memiliki 2 orang kakak perempuan yaitu Wulan Oukta Lourenza dan Adinda Syafira Salsabila. 

Sebagai salah satu keturunan Minangkabau Robby tumbuh di tengah budaya matrilineal yang menjadikan Robby seorang yang feminis (menghargai perempuan). Perbedaan usia Robby dengan kakak pertamanya begitu jauh, yakni 11 tahun. Hal tersebut tidak mengurangi rasa kasih sayang Robby terhadap kakak pertamanya. Kakak pertama Robby telah menyelesaikan pendidikan Psikologi di fakultas kedokteran Universitas Andalas Dan telah menikah dengan Kevin Dinda Melvandino pada tahun 2020. Sedangkan perbedaan usia Robby dengan kakak kedua nya hanyalah satu tahun. Perbedaan usia yang begitu dekat menjadikan hubungan mereka sangat akrab hingga Robby kerap menganggap kakak keduanya seorang sahabat. Kakak kedua Robby sedang menempuh Pendidikan S1 Manajemen di Universitas Binus. 

Robby memulai pendidikannya di SD (Sekolah Dasar) Negeri 03 Alai pada bulan Juli  tahun 2007, dan lulus pada bulan Juni tahun 2013. Kemudian Robby melanjutkan pendidikan di SMP (Sekolah Menengah Pertama) Negeri 1 Padang pada bulan Juli tahun 2013 dan lulus pada bulan Juni tahun 2016. Di SMP Robby aktif mengikuti OSIS (organisasi siswa intra sekolah) di bidang kesenian selama 2 tahun. 

Di usia muda robby tidak hanya aktif di organisasi. Robby kerap kali mengikuti berbagai macam perlombaan dan berhasil memenangkan perlombaan tersebut. Pada tahun 2015 Robby mengikuti lomba membaca puisi di FLS2N tingkat SMP. Robby juga dikenal dengan kecerdasan nya sehingga ia meraih juara 2 siswa SMP berprestasi di kota Padang. 

Setelah lulus dari bangku SMP, Robby melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA (Sekolah Menengah Atas) Di SMA Negeri 1 Padang pada bulan Juli tahun 2016 dan kemudian lulus pada bulan Mei 2019. Di masa SMA Robby juga aktif mengikuti berbagai organisasi. Di kelas 10 Robby aktif mengikuti organisasi Uda Uni, organisasi ini merupakan organisasi ambasador di SMAN 1 Padang. Robby juga aktif menjadi anggota rohani Islam pada tahun 2017 hingga 2018. Selain itu, Robby juga aktif menjadi anggota di asosiasi mantagi mudo pada tahun 2017. 

Di sisi lain, Robby juga aktif mengikuti organisasi paduan suara, dengan peran sebagai konduktor atau pemimpin paduan suara. Selain organisasi Robby juga kerap kali mengikuti berbagai perlombaan. Diawali dengan kontes membaca puisi tingkat SMA di kota Padang, dengan meraih juara kedua. Menjadi Duta Budaya Rang Mudo di kota Padang pada tahun 2017. Menjadi juara ke 6 dalam perlombaan Duta Budaya provinsi Sumatera Barat. Robby juga menjadi konduktor di OSN (Olimpiade Sains Nasional) pada tahun 2018. 

Setelah Robby lulus dari bangku SMA Robby melanjutkan pendidikan strata 1 di UTM (Universiti Teknologi Malaysia). Dengan memilih pendidikan komputer, di fakultas teknik dengan jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Pendidikan Robby di UTM berjalan lancar, bahkan Robby juga mendapatkan penghargaan dari PPI UTM. 

PPI UTM merupakan organisasi Persatuan Pelajar Indonesia di Universiti Teknologi Malaysia, organisasi ini mempunyai program penghargaan untuk mahasiswa indonesia yang berprestasi. Dengan ketentuan memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) diatas 3.5 Robby berhasil meraih penghargaan Academic Award pada 29 Februari 2020. Namun, pada awal semester 2 ada beberapa masalah keluarga yang mengharuskan Robby kembali ke Padang dan menetap disana. Selain masalah keluarga, situasi pandemi juga menjadi hambatan bagi Robby Samudra untuk kembali melanjutkan pendidikannya di Universitas Teknologi Malaysia. 

Namun, Robby tidak putus asa dan berhenti mengejar cita-cita nya untuk menjadi seorang pembawa berita. Robby memilih untuk melanjutkan  pendidikannya di President University. Kali ini Robby menempuh jalan yang sangat berbeda dari sebelumnya, Robby memilih fakultas kemanusiaan dengan jurusan Ilmu Komunikasi. 

Karena Robby bercita-cita menjadi seorang pembawa berita, maka ia mengambil konsentrasi Hubungan Masyarakat. Robby percaya dengan berbagai keterampilan yang sudah ia miliki dan dengan berbagai perlombaan telah yang diikuti sedari duduk di bangku SMP dapat membantunya dalam memperdalam pengetahuan dan kompetensi nya sebagai seorang pembawa berita. 

Selain aktif di masa sekolah, Robby kini aktif juga dalam berbagai organisasi di kampus. Salah satunya menjadi anggota dari AIESEC at President University, sebagai staf Di External Relations/Partner Development. Divisi ini bekerja sebagai tulang punggung organisasi selama pandemi Covid-19 melalui berbagai macam kemitraan dan kolaborasi. Dalam peran nya sebagai anggota, Robby juga bertanggung jawab untuk menjaga kemitraan dengan mitra alumni.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan