Mohon tunggu...
Kezia EveniYoganandita
Kezia EveniYoganandita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Katolik Parahyangan

Saya memiliki kepribadian mudah bergaul dan easy going yang bisa membuat saya gampang diterima di berbagai kalangan.Saya mempunyai hobi berolahraga biasanya saya akan melakukan lari pagi 2-3x dalam seminggu.Saya juga menyukai membaca beberapa tema yang sering saya baca biasanya berkaitan dengan tips dan trik untuk memudahkan sesuatu pekerjaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Hominisasi UNPAR

5 Oktober 2022   16:44 Diperbarui: 5 Oktober 2022   16:47 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Gladi Hominisasi merupakan salah satu rangkaian acara wajib bagi mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan. Saya mengikuti gladi hominisasi pada tanggal 1 Oktober kemarin.Gladi hominisasi merupakan acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH).

Gladi hominisasi dibagi menjadi 3 bagian,pada awalan saya diarahkan untuk mengerjakan tugas pra geladi.Tugas pra geladi yang diberikan adalah dengan memberikan beberapa pilihan video edukatif mengenai keberagaman yang ada di Indonesia dan salah satu topik menarik yang saya pilih adalah video kue0kue tradisional yang eksistensinya mulai menurun terutama pada generasi muda saat ini,di dalam video itu menjelaskan bahwa menurunnya tingkat penjualan kue-kue tradisional dan mulai susahnya mencari pedagang atau pembuat kue tradisional tersebut.Video tersebut merupakan video yang menarik dan inspiratif menurut saya karena jadi bisa mengetahui kebegaragam kue-kue tradisional yang ada di Indonesia.

Setelah tugas pasca gladi akhirnya tiba di hari acara dilaksanakan.Banyak keseruan dan juga pengetahuan yang saya dapatkan di acara inti dari geladi ini.Mulai dari menghormati perbedaan budaya yang ada karena para pesertanya berasal dari beragam daerah,saya juga mengetahui beberapa bahasa daerah yang sempat beberapa peserta sampaikan pada acara tersebut,dan yang paling penting saya banyak belajar tentang cara berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik dengan orang yang baru dikenal.

Gladi hominisasi juga pikiran saya terbuka karena mengajarkan menghargai pendapat orang yang ada di dalam kelompok.Inti acaranya rame banget dan banyak keseruan yang dilakukan.

Setelah melaksanakan gladi ini saya menyadari bahwa kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan sebuah hal yang penting untuk meminimalkan terjadinya kesalahpahaman antara saya dengan orang lain.Selain itu saya juga mempelajari time management di gladi ini karena waktu pembuatan presentasi yang terbatas maka saya belajar untuk lebih efisien dalam menggunakan waktu yang ada dan akan menerapkannya di kehidupan perkuliahan untuk lebih memaksimalkan nilai saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun