Mohon tunggu...
Kevin Tang
Kevin Tang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Pelajar di Fakultas Teknologi Informasi dan Sains jurusan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Geladi Hominisasi UNPAR

22 Mei 2022   01:35 Diperbarui: 22 Mei 2022   01:42 33 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Geladi hominisasi UNPAR yang saya ikuti pada tanggal 14 Mei lalu merupakan sebuah pengalaman yang cukup menarik. Kegiatan tersebut dimulai dengan tugas pra geladi yang meminta saya untuk mendengar lagu Indonesia Raya 3 stanza dan meminta opini saya mengenai lagu tersebut, serta meminta saya untuk menjawab beberapa pertanyaan terkait generasi muda Indonesia. Peserta geladi juga diminta untuk mempersiapkan perkenalan diri dan bahan diskusi pada saat hari H geladi. Hari H geladi diisi dengan diskusi kelompok dan presentasi mengenai topik yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Kegiatan-Kegiatan yang dilakukan di geladi hominisasi, yang terdiri dari diskusi dan presentasi kelompok, membantu saya melatih kemampuan berpikir kritis dan presentasi saya di media online dan juga memperkuat kemampuan saya dalam berkomunikasi dan berkontribusi dalam sebuah diskusi kelompok. Kemampuan presentasi dan diskusi ini akan sangat dibutuhkan dalam proyek-proyek kelompok yang terdapat di banyak mata kuliah dalam program studi saya. Kemampuan berpikir kritis juga merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan dalam perjalanan saya untuk menjadi seorang sarjana sains.

Geladi hominisasi mengingatkan saya akan fakta bahwa Indonesia adalah negara kelahiran saya dan di sana lah saya akan berdiri untuk selama-lamanya bersama teman dan keluarga saya. Selain itu, geladi hominisasi juga menekankan akan pentingnya kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai seorang warganegara. Logika merupakan hal yang sangat penting dalam menyortir informasi yang kita temui setiap harinya, baik dari media massa maupun orang lain. Informasi tersebut terkadang dapat berupa informasi keliru yang dapat mengelabui orang-orang yang tidak menanggapinya secara kritis. Adapun guna dari kemampuan berbahasa adalah sebagai media untuk menyalurkan opini kita terkait hal-hal yang kita tanggapi agar dapat ditangkap orang lain dengan baik.

Walaupun geladi hominisasi telah selesai saya jalani, saya masih dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa melalui diskusi bersama dengan sesama rekan mahasiswa mengenai topik-topik yang perlu ditanggapi secara kritis di dunia ini maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan