Mohon tunggu...
Kevin Pratama Adhilistyo
Kevin Pratama Adhilistyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNDIP

Mahasiswa UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Berdayakan UMKM dengan E-Commerce agar Tetap Maju

5 Agustus 2021   23:20 Diperbarui: 5 Agustus 2021   23:36 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Candisari, Semarang (05/08/2021) -- Berdasarkan hasil survei dari Katadata Insight Center (KIC), pendapatan 70% Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beroperasi offline turun saat pandemi COVID-19. Bahkan, banyak pelaku usaha yang akhirnya terpaksa gulung tikar karena tidak ada pemasukan. Ada beberapa cara para pelaku usahauntuk bertahan dalam kondisi ini, salah satunya dengan merambah ke e-commerce untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Tidak terkecuali para pelaku UMKM di wilayah RW 01 kelurahan Kaliwiru, Candisari. Semenjak terjadinya pandemi pada awal tahun 2020, terjadi penurunan yang cukup signifikan terhadap penjualan barang. Banyak rencana-rencana kedepan yang harus tertunda bahkan hilang karena pandemi COVID-19 ini. Salah satunya Ibu Dela, pelaku UMKM dibidang makanan khususnya kue kering. Dalam menyebarkan produknya, ibu Dela hanya mengandalkan kerabat yang sudah menjadi langganan produknya.

Karena permasalahan ini, mahasiswa KKN berinisiatif untuk melakukan pemberdayaan penggunaan e-commerce bagi pelaku UMKM terutama yang belum memanfaatkan e-commerce atau bahkan pemasaran digital lainnya sebagai alat untuk mengenalkan dan memasarkan produk mereka. Tujuan pemberdayaan ini agar pelaku UMKM dapat masuk kedalam industri 4.0 dan memajukan usaha mereka dengan memanfaatkan pemasaran digital terutama e-commerce.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

Pemberdayaan ini dilakukan di rumah warga pelaku UMKM agar pemberdayaan dapat dilakukan dengan maksimal dan dengan harapan pelaku UMKM dapat benar-benar mengerti dan bisa memajukan usahanya. Pemberdayaan ini dilakukan dengan mematuhi  protokol kesehatan. Tidak hanya penggunaan dan pemanfaatan e-commerce, mahasiswa juga turut memberikan contoh cara memaksimalkan pemasaran menggunakan instagram seperti, bagaimana membuat profil akun yang menarik dan meyakinkan calon pembeli, pemilihan foto untuk diunggah, mengelola feeds instagram yang rapih dan menarik. Dari Program ini diharapkan adanya inovasi dalam pemasaran produk agar kedepannya sektor UMKM dapat lebih baik lagi.

Penulis  : Kevin Pratama (Informatika, FSM UNDIP)

DPL         : Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun