Mohon tunggu...
Kevin OktraSembiring
Kevin OktraSembiring Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Saya Orangnya mudah bergaul dengan orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gerakan Lingkungan Sehat, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Edukasi Pemilahan Sampah

12 Agustus 2022   14:54 Diperbarui: 12 Agustus 2022   15:15 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Medan (10/8) Pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro yang dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara tepatnya di Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang masih berlangsung hingga saat ini. Salah satu program kerja yang dilaksanakan adalah edukasi terkait pentingnya melakukan pemilahan sampah sebelum dibuang.

Kebiasaan pemilahan sampah perlu menjadi budaya positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia, pemilahan sampah yang dianjurkan adalah memilah sampah organik dan sampah non-organik. Meskipun demikian, masih terdapat kesulitan dan keengganan dari masyarakat untuk melakukan pemilahan sebelum membuang sampah.

Dengan demikian, mahasiswa KKN Tim II turut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya melakukan pemilahan sampah organik dan sampah non-organik sebelum dibuang. Pemberian edukasi dilakukan dengan pemberian leaflet, penjelasan singkat, disertai pemberian tempat sampah bertuliskan sampah organik dan sampah non-organik.

Harapannya masyarakat sadar akan pentingnya melakukan pemilahan sampah agar memudahkan daur ulang dan sampah menjadi bernilai, serta menjaga keseimbangan ekosistem.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun