Mohon tunggu...
Kevin Mustofa
Kevin Mustofa Mohon Tunggu... Desainer - Designer grafis

Konten kreator

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Manfaatkan Sebaik Mungkin 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara

3 Desember 2022   12:49 Diperbarui: 3 Desember 2022   13:06 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Suatu ketika Rasulullah shallallah 'alaihi wa sallam pernah berkata dengan seorang pemuda untuk menyampaikan nasehat penting selagi masih hidup di dunia. Nasehat yang penting untuk diingat dan menjadi motivasi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallah 'alaihi wa sallam pernah menasehati seseorang,
     :                  
Dari Amru bin Maimun bin Mahran sesungguhnya Nabi Muhammad shallallah 'alaihi wa sallam berkata kepada seorang pemuda dan menasehatinya, "Jagalah lima hal sebelum lima hal. (1) Mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) kayamu sebelum miskinmu, (5) hidupmu sebelum matimu.

Pertama, Jagalah Mudamu Sebelum Datang Masa Tuamu

Masa remaja adalah masa yang paling menguntungkan. Tentu lebih bertenaga, apalagi dengan fisik yang segar. Oleh karena itu, kaum muda harus banyak dimanfaatkan dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Berbuat lebih baik dan baik. Karena di usia tua, segala aktivitas kita dibatasi secara fisik karena kelemahan kita. Karena seiring bertambahnya usia, semangat kita, meskipun kuat, menjadi penghambat kita dengan keterbatasan kemampuan tubuh yang mulai melemah. Jadi maksimalkan selagi muda untuk memperbanyak kegiatan positif. Belajar giat untuk mencapai cita-cita, perbanyak kebaikan dan perbanyak beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Kedua, Jagalah Sehatmu Sebelum Datang Sakitmu

Kegembiraan yang sehat adalah salah satu nikmat terbesar yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada kita. kita lihat Covid-19 yang belum lama usai berapa banyak orang sakit berapa banyak nyawa melayang tapi kita yang tidak terpapar sedikitpun sadarlah betapa sayangnya Allah sama kita.Untuk saat ini tetap jaga kesehatan dan usahakan menerapkan protokol kesehatan. Karena saat kita sakit, itu menjadi keterbatasan kita dalam beraktivitas sehari-hari. Makan lebih banyak makanan bergizi dan berolahraga yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat. Karena saat kita sakit, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Maka jagalah kesehatanmu untuk berbuat baik sebelum datang sakitmu.

Ketiga, Jagalah Waktu Luangmu Sebelum Datang Waktu Sempitmu

Waktu luang sangat berharga. Misalnya, ketika kita sibuk dengan pekerjaan, secara alami kita mengesampingkan semua hal lain seperti keluarga, teman, dan hal-hal lain sampai pekerjaan kita selesai. Memang terkadang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu sama sekali untuk menunaikan kewajiban ibadah saja. 

Jadi ketika kita memiliki waktu luang, gunakan waktu luang tersebut untuk kegiatan yang bermakna. Perbanyak amalan ibadah, amal baik seperti membantu sesama yang membutuhkan. Atau melakukan hal-hal yang bermanfaat. Ketika Anda memiliki waktu luang, habiskan juga waktu bersama keluarga dan teman. Bijaksanalah dalam menggunakan waktu kita untuk hal-hal yang produktif selagi kita bisa. Dengan begitu, waktu luang lebih bermanfaat untuk diri kita sendiri dan juga untuk orang lain.

 Keempat, jagalah hartamu sebelum kamu menjaga kemiskinanmu

Keempat, Jagalah Kayamu Sebelum Miskinmu

Ketika Allah Subhanahu wa ta'ala melimpahkan nikmat yang lebih berupa harta yang melimpah, ingatlah bahwa pada hakekatnya ada harta dari orang lain. Oleh karena itu, sebagai tanda terima kasih kami, kami berbagi kepada sesama, terutama mereka yang membutuhkan. Karena setiap gaya hidup berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun