Langkah pertama untuk mudah mendapatkan pekerjaan kita harus aktif dan selalu update dalam semua informasi, seperti Media cetak atau koran yang setiap harinya menayangkan iklan baris lowongan kerja, Internet dengan web tertentu yang dapat mengakses pekerjaan, Career center, Network, da Agency atau Yayasan.
Setelah mendapatkan informasi,maka langkah selanjutnya adalah memilih lowongan pekerjaan.
Memilih lowongan pekerjaan ini tidak lah dengan mudah caranya kita harus dapat menyesuaikan diri dengan persyaratan jabatan (seimbang), sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan, mencaeri informasi mengenai posisi yang akan dipilih contoh admin analis atau back office mencari di web tentang arti tugas pekerjaan. Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja perusahaan bagus biasanya mencantumkan alamat web nya.
Langkah selanjutnya melamar kerja dengan pengiriman dokumen bisa melalui pos dengan alamat penerima dan pengirim jelas,lengkap. Jika melalui email pertimbangkan besar file, dan rutin membaca email agar tahu jika ada balasan dari perusahaan. Atau dapat dengan langsung datang ke perusahaan (Walk in Interview) biasanya kita mendapatkan lewat iklan membawa CV dengan lengkap. Isi dokumen lamaran kerja diantaranya adalah Surat lamaran kerja, Â Daftar Riwayat Hidup, FC.Ijazah terakhir, transkip nilai, sertifikat, surat referensi, FC. KTP, FC.KK, FC.SKCK,Pas Photo 4x6.
Lalu langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran dengan kertas berwarna netral, Jenis dan ukuraqn Font Standard, Ukuran kertas A4, Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas, dan jelas. Tidak lupa juga dengan cantumkan posisi yang dituju, cantumkan tanggal surat dan tanda tangan (jika mengirim surat lamaran kerja lewat e-mail maka harap tanda tangan di scan), Bahasa mudah dipahami, cantumkan alamat tempat tinggal, Cantumkan No.telepon yang mudah dihubungi.
Cara membuat daftar riwayat hidup, Â Personal Data yang isinya adalah data pribadi pelamar kerja, Pendidikan formal atau pendidikan terakhir, Pendidikan Non formal/Training (pernah mengikuti acara seminar atau pelatihan lainnya), Keahlian khusus, Pengalaman Organisasi, Pengalaman Kerja.
Setelah semua telah disiapkan dan dikirim maka kita menunggu telepon dari perusahaan tertuju, cara menjawab telepon yang baik dari perusahaan yang kita tuju untuk kerja. Menjawab telepon dengan sopan dan senyum, ramah. Si penelpon akan memberitahukan untuk panggilan maka yg hrus kita lakukan adalah catat nama penelepon dengan baik dan dengarkan, catat nama perusahaan, Alamat perusahaan, No.Telp, Contact person atau orang yang harus ditemui saat hendak interview, dan posisi yang ditawarkan. Kalau bisa setelah kita diberitahu alamatnya, alangkah lebih baik kita survey lokasi sebelum interview agar dapat diperhitungkan waktu (tidak telat).
Persiapan Interview :
Persiapan Fisik seperti istirahat dengan cukup, persiapkan pakaian yang akan dikenakan, Sarapan secukupnya.
Persiapan Mental, Lupakan masalah yang ada, Jaga kepercayaan diri, dan ciptakan First Impression yang positif.
Persiapan Teknis, Pelajari lebih dalam bidang ilmu/posisi yang dituju, Kenali kelebihan anda untuk ditonjolkan, dan persiapkan alat-alat yang harus dibawa.