Mohon tunggu...
Kenny laredo
Kenny laredo Mohon Tunggu... Jurnalis - mahasiswa

membuat sebuah karya adalah tugas saya

Selanjutnya

Tutup

Money

Sebagai Mahasiswa, Tidak Salah Jika Mencoba Berbisnis di Masa-masa Pandemi Covid-19

24 Oktober 2020   18:44 Diperbarui: 24 Oktober 2020   18:46 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Di masa pandemi covid-19 pemerintah menerapkan sistem jam malam yang dinamakan lockdown, banyak sekali masyarakat-masyarakat yang di PHK atau di cabut paksa pekerjaan nya karena masa pandemi ini, dan disni saya inigin memberikan anda tips untuk bertahan hidup pada waktu pandemi ini.

Pastinya semua orang butuh makan dan membutuhkan biaya untuk  bertahan hidup , tidak hanya memiliki dampak itu saja tetapi juga berdampak bagi tempat-tempat ibadah atau agama, kebudayaan dan organisasi yang lainya lagi, selain memberikan sebuah inspirasi atau sebuah pengalaman dan sebuah ilmu untuk masyarakat dan mahasiswa ini menurut saya sangatlah senang karena bisa memberikan dan berbagi ilmu tetapi proses ini juga bisa mendewasakan saya jika setidaknya pendapat saya ini bisa di kritik atau di komentari dengan publik pengguna internet ini.

Memiliki ilmu berbisnis ini bisa menjadikan kita lebih dewasa, mengapa begitu? , karena dengan cara berbisnis kita sebagai mahasiswa maupun masyarakat lainya yang ada di Indonesia ini, harus sangat memperhatikan bagaimana kita bisa mengatur waktur dan mengatur pengeluaran uang masuk dan uang yang kita keluarkan saat kita mengeluarkan modal untuk memutar usaha ataupun bisnis kita sendiri, dan kemudian ada beberapa masalah dalam menghadapi bisnis saat pandemi di Indonesia ini,

  • Bagaimana caranya kita memulai membuka usaha dan menekuninya dengan penuh tanggung jawab dan tetap mematuhi protokol pemerintahan?

Melaksanakan protokol yang telah pemerintah berikan kepada masyarakat Indonesia ini membuat kita menjadi lebih aman lagi, karena jika kita bekerja di jalanan ataupun di tempat keramaian, kita bisa selalu dan tetap menjaga jarak aman , dari dua sampai tiga meter jaraknya yang telah di tentukan oleh pemerintah Indonesia.

Mengenai berita turunya ekonomi di Indonesia ini di sebabkan karena covid-19 ini yang terus menerus memakan korban dan ini sangat membuat ekonomi di Indonesia ini turun di sebuah situs di google mengatakan bahwa indonesia ini semenjak masa pandemi covid-19 mengalami kontraksi sebesar -5,32% (tirto.id) hal ini menurut saya sangatlah merugikan bagi masyarakat dan juga banyak mahasiswa yang kesusahan , karena menurut nya mereka harus belajar dan menikmati fasilitas yang ada di kampus , sekarang hanyalah duduk diam di rumah saja , atau kuliah daring, tindakan seperti berbisnis ini sangatlah diperbolehkan untuk kalian atau rekan-rekan mahasiswa dan masyarakat yang ingin mencobanya, karena disini bisnis ini bisa dan sangat membantu kita dalam menghadapi turun nya keuangan yang ada pada kita dan tentunya juga pada masyarakat lainya, memikirkan bagaimana cara kita berbisnis kita harus memulai dengan mengumpulkan modal sebanyak-banyaknya, menurut saya modal itu jangan kita bikin pas atau cukup dengan bisnis kita, karena menurut saya jika kita memiliki cukup modal untuk usaha atau bisnis kita sendiri kita tidak bisa membeli ataupun menganti alat ataupun hal-hal yang membuat rugi, contohnya jika kita berbisnis kopi, alat pembuat kopi tersebut rusak dan kita mau menganti dengan apa jika kita memiliki modal cukup? Maka dari itu saya sarankan untuk mengumpulkan modal yang berlebihan bukan hanya cukup.

Kemudian saya mencontohkan bisnis yang membuat anda bermodalkan sedikit dan aman di rumah saja, bisnis ini sangatlah cukup terkenal di kalangan pemuda, yaitu bisnis online shop

  • Dropship, Dropship yaitu proses dimana kita sebagai pembantu dan penglaris sebuah toko online shop ataupun toko-toko offline yang ada di tempat dan lain-lain, dengan cara kita membantu memasarkan produk tersebut kita akan mendapatkan hasil 20% dan bisa juga lebih, disini saya menyarankan untuk mencoba bisnis ini bagi mahasiswa dan masyarakat yang ingin sekali berbisnis online, dan untuk menambah modal usaha yang lainya, disini contoh dropship ini ada banyak menurut saya , yang pertama barang-barang hype yang di sukai oleh pemuda dan remaja jaman sekarang ini, contohnya sepatu, baju, hoodie, dompet, celana dll, dropship juga bisa berupa makanan seperti makanan instan , samyang atau mie instan yang cukup digemari pemuda karena terkenal dengan mie yang merah karena tingkat kepedasanya tinggi dll, kemudian masker wajah juga bisa di dropship. Bagaimana caranya kita mendropship usaha online kita, kita harus menemukan reseler atau toko yang bersedia kita ajak kerja sama untuk di bantu melariskan usaha dan menawarkan nya kepada orang-orang di sekitar followers kita, saya juga mengingatkan bagi rekan-rekan yang ingin melakukan dropship ini, jika kita mendropship melalui instagram kita harus memilikijumlah followers yang banyak dan terkenal oleh masyarakat di media sosial tersebut, seperti itulah berbisnis dengan cara dropship
  • Melelang barang di online shop dari pengalaman yang saya ketahui hal ini hampir sama dengan dropship akan tetapi hal ini perbedaan nya yaitu kita tidak perlu bekerja sama dengan toko atau online shop yang akan kita jual barang nya, akan tetapi kita melelang barang bekas atau melelang peralatan bekas , seperti contohnya, teman saya meminta tolong kepada saya untuk melakukan lelang sepatu Nike Airjordan nya, kemudian saya melelang dan saya menerima 10-20% dari keuntungan nya. Dan kita tentunya harus memiliki jumlah followers yang banyak dan toko lelang kita harus terkenal di masyarakat pengguna media sosial tersebut.
  • Open PO minuman dan makanan dari pengalaman yang saya dapat dari jualan di instagram ini saya berjualan coffie botol yang saya pasarkan melalui instagram saya ini , contoh bisnis yang ke 3 ini beda dengan bisnis yang pertama dan kedua karena menurut saya bisnis ini memakai sistem jual beli secara online, sistem open PO atau pre order ini caranya simpel, yaitu, anda harus memiliki akun media sosial, saya disini menggunakan Instagram untuk berjualan minuman coffie ini, kita harus membuat desain shop kita ini menarik perhatian orang karena jika toko online kita menarik pasti banyak orang yang tertarik untuk mencoba dan membeli minuman kita, dengan contoh, saya membuat caffelatte tetapi nama di menu nya bukan cafelatte melainkan nakula, kopi susu pandan, disini saya juga mengubah namanya menjadi sadewa, mengapa saya memilih nama tersebut? Karena agar orang lain tertarik dan agar tidak lupa dengan tokoh-tokoh kesatriya yang ada dalam bahasa jawa.

Mengenai pertanyaan yang ada di atas apa saja yang harus di lakukan?

  • Cara untuk memulai usaha dan tetap mematuhi protokol pemerintahan, disini saya pertama kali bekerja sebenarnya bukan membuka dropship tetapi menjadi sales pulsa keliling, bekerja secara langsung dan tetap mensyukuri penghasilan nya dan kemudian di tabung untuk membeli alat kopi kemudian saya melakukan dropship dan lelang , di saat saya sednag bekerja apapun itu , saya harus tetap tanggung jawab atas perintah yang telah di berikan pemerintah kepada kita. Saya juga tidak lupa memakai masker dan cuci tangan sesudah dan sebelum bekerja, maupun saat bekerja, saya juga harus konsisten kepada impian saya agar peklerjaan kita itu menjadi semangat, harus punya tujuan terlebih dahulu, misalkan saya bekerja sebagai sales, saya harus mengumpulkan modal untuk kedepanya membuka coffieshop dan meneruskan nya.

Begitulah cara saya untuk memulai pekerjaan ataupun bisnis di masa pandemi covid-19 ini , semoga pengalaman dan masukan saya ini bisa berguna bagi masyarakat dan teman-teman mahasiswa yang lainya terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun