Ada Cara Sehat
Ada Cara Sehat Blogger

Manusia yg kepo sama kesehatan, gaya hidup dan otomotif. Doyan juga nulis politik dan ponsel.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Batuk Bikin Jengkel, Cobain Cara Tradisional Saat Warung Sebelah Sudah Tutup

12 Oktober 2018   22:56 Diperbarui: 12 Oktober 2018   23:24 467 0 0

Pernah mengalami batuk dadakan dong saat sudah malam, mau ke warung sebelah ternyata sudah tutup, mau ke apotik kejauhan jadi mahal ongkosnya.

Kalau batuknya tidak parah-parah banget namun menimbulkan kejengkelan, sebenarnya ada pengobatan tradisional yang sehat untuk mengatasinya. Bahannya juga mudah ditemukan di belakang dapur, jika Anda sempat beli sebelumnya misalnya garam, rasanya agak aneh kalau di rumah tidak punya garam. Daripada malam hari batuk terus menerus dan menganggu pasangan dan anak-anak yang lagi tidur, ada beberapa bahan yang mungkin bisa di jadikan alternatif untuk meredakan batuk.

Beberapa bahan sehat alami yang bisa digunakan untuk meredakan batuk yang menjengkelkan, diantaranya :

1. Madu campur air hangat

Madu bisa digunakan untuk meredakan batuk, sehingga jangan heran jika obat batuk untuk anak menggunakan madu juga. Cara menggunakan madu untuk mengobati batuk adalah dengan mencampur 2 sendok teh madu menggunakan air hangat. Jika punya stok teh herbal dan lemon, air hangat bisa ditambahkan bersama teh herbal dan air lemon yang diperas sebelumnya.

2. Jahe

Obat batuk rasa jahe juga mungkin pernah Anda tahu, karena jahe memang efektif untuk mengatasi batuk yang menganggu. Jika di dapur ada simpanan bumbu jahe dan situasi darurat, Anda bisa manfaatkan sementara. Selain jahe, beberapa bahan lain yang perlu disiapkan, seperti lemon, gula

Cara membuat obat batuk rasa jahe jenis rumahan, kupas kulit jahe dan dibersihkan, lalu potong menjadi irisan tipis. Rebus jahe yang sudah diiris dicampur 1 sdm gula dan 1 takaran gelas normal, setelah mendidih pindahkan ke gelas anti panas. Saat kondisi sudah hangat, jangan lupa untuk masukan perasan air lemon dan diminum. Agak sedikit ribet ya ? Ada cara lain yang lebih mudah, yaitu dengan air garam.

3. Air campur Garam

Biasanya air dicampur garam sangat efektif untuk batuk yang muncul karena gatal di tenggorokan. Mudah untuk digunakan, campurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur, setelah selesai, air kumurannya dibuang, maka rasa gatal yang menyebabkan batuk dapat diredakan. Cara meredakan air dengan garam kurang bagus untuk anak dibawah 6 tahun, karena kemungkinan air kumuran akan diminum setelah selesai. Untuk dibawah usia 6 tahun, caranya di nomor 4.

4. Bawang merah

Untuk bayi dan anak, bisa menggunakan bawang merah. Iris bawang dan letakan di tempat bayi atau anak yang digunakan untuk tidur. Aroma khas bawang merah untuk meredakan batuk anak dibawah 6 tahun populer di negara Spanyol dan Prancis.