Mohon tunggu...
Kenisya
Kenisya Mohon Tunggu... Desainer - Creative

Seorang Creative Designer yang suka menulis dan mengekspresikan diri lewat cerita maupun ulasan. Selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Liburan Tidak Melulu Soal Jalan-Jalan

10 Maret 2024   18:46 Diperbarui: 10 Maret 2024   22:05 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Libur telah tiba! Setelah lelah berpacu dengan kejaran tugas dan tenggat waktu di hari-hari kemarin, kini waktunya untuk menikmati waktu bersantai barang sehari--dua hari. Bayangkan menjalani hari Minggu pagi dengan duduk santai di teras rumah sambil menyeruput teh hangat, menikmati langkanya kesempatan tidur siang, bermain bersama anak-anak bulu yang lincah kesana-kemari, atau dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga sambil menonton acara televisi. Liburan tidak melulu soal jalan-jalan, destinasi wisata ataupun keliling mal. Dengan kreativitas, waktu liburan bisa jadi lebih menyenangkan untuk dihabiskan di rumah.

Memanfaatkan Waktu Bercengkrama

https://adjar.grid.id
https://adjar.grid.id

Waktu bersama anggota keluarga di hari kerja tentu menjadi sedikit karena diri akan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja dari pagi hingga gelap menjelang. Sepulangnya ke rumah, sudah terlanjur lelah dan rasanya ingin cepat tidur saja--seolah-olah hanya numpang tidur saja di rumah karena paginya harus kembali berangkat lagi. Liburan di rumah bisa jadi kesempatanmu untuk dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang-orang terdekat dengan sekedar mengobrol dan bercerita, berkegiatan bersama, maupun berkumpul untuk sarapan, makan siang serta makan malam bersama. Masak bersama? Itu ide yang lebih menyenangkan lagi!

Rumah dan Seribu Opsi Bersenang-senang

https://unsplash.com/photos/a-person-holding-a-book-IumYoHVeSmI
https://unsplash.com/photos/a-person-holding-a-book-IumYoHVeSmI

Bermain adalah hak segala usia dan tidak hanya diperuntukkan bagi anak kecil saja. Rumah kita pasti menyimpan segala yang kita punya dan suka, maka dapat dipastikan bahwa tak akan pernah ada kata bosan di rumah apabila kita dapat menggali potensi yang rumah miliki dengan kreativitas. Bermain bisa menjadi quality time dengan diri sendiri maupun orang terdekat. Bagi yang suka video game, maka memainkan gim yang sudah lama tidak dimainkan atau ingin sekali dimainkan bisa menjadi opsi yang sungguh menyenangkan. Kurang suka permainan digital? Permainan kartu UNO, remi, catur, dan board game bisa jadi pilihan. Oh, tidak punya board game maupun permainan kartu? Tenang, tentu kamu bisa membuat kreasi mainanmu sendiri menggunakan kertas, karton, alat gambar dan media lainnya yang ada di rumahmu! Ngomong-ngomong, kamu bisa lho cari ide permainan DIY seru di Pinterest dengan kata kunci DIY Game Ideas!

Bermain melihat tingkah lucu hewan peliharaan juga tidak kalah seru--ajak mereka main dengan mainan yang bisa kamu buat sendiri dari bahan ala-kadarnya yang ada di rumah. Kalau kucing adalah jenis hewan peliharaanmu, bisa saja buat mainan berupa pensil yang diikat dengan gantungan tali dan bola kertas, lidi panjang yang ditempel kupu-kupu kertas di ujungnya, ataupun bola kertas yang dapat kamu lempar untuk mereka kejar dengan lincah. 


Bila ingin menghabiskan waktu luang dengan bersenang-senang namun tetap produktif, maka membuat prakarya adalah opsi yang tepat. Entah itu berupa pajangan maupun prakarya fungsional, proses membuatnya pasti akan menyenangkan, terlebih bila membuatnya bersama orang terdekat.

Damai Tanpa Hiruk-Pikuk Keramaian

https://unsplash.com/photos/man-sitting-on-sofa-chair-playing-classic-guitar-uXsu-Mrf2cc
https://unsplash.com/photos/man-sitting-on-sofa-chair-playing-classic-guitar-uXsu-Mrf2cc

Setelah hari-hari sibuk bekerja serta menjalani pulang-pergi kantor melewati jalan raja yang sungguh macet dan sungguh berisik dengan bunyi klakson, ataupun setelah lelah berhimpit-himpit setiap hari di dalam sesaknya gerbong kereta maupun bus kota, rasanya bersantai di rumah pada hari libur merupakan sebuah jawaban untuk kembali menikmati ketenangan yang langka itu. Ada banyak opsi film yang dapat menemani waktu santai mu di rumah. Keheningan juga dapat dinikmati begitu saja bertemankan cemilan dan minuman kesukaan, pun bersama alunan musik serta buku yang ingin kamu baca juga bisa menambah damai pada hari liburmu di rumah. 

Tidak usah pusing-pusing mencari cara menikmati waktu liburan yang terbaik. Menghabiskan waktu libur di rumah bisa menjadi alternatif terbaik untuk solusi mengisi ulang daya semangatmu secara fisik maupun mental. Temukan jawaban dimulai dari rumah dan kamu akan menemukan banyak sekali kemungkinan yang menyenangkan. Harta karun ada di rumahmu, tinggal kulik dengan kreativitas!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun