Mohon tunggu...
Eisher Laipiopa
Eisher Laipiopa Mohon Tunggu... Blogger

Yakin dan percaya...

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

10 Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong

21 Oktober 2020   20:42 Diperbarui: 6 April 2021   12:24 7743 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Manfaat dan Efek Samping Daun Binahong
gambar daun binahong yang memiliki banyak khasiat. (sumber: websiteherbal.com)

Manfaat Daun Binahong, Kita mungkin sudah pernah melihat tanaman ini, dengan bentuk daun yang khas berbentuk seperti hati, sangat berbeda dari daun-daun lainnya, akan tetapi kita mungkin tidak tahu namanya, yaaa tanaman ini bernama binahong. Tanaman yang banyak sekali manfaatnya.

Kandungan Daun Binahong

Dalam beberapa penelitian daun binahong, diketahui kandungan pada daun binahong ini meliputi berbagai jenis senyawa yang di antaranya adalah :

1. Saponin

Senyawa saponin yaitu sterol dan glikosida triterpen yang sudah terdeteksi di 90 suku tumbuhan lebih. Saponin termasuk kedalam senyawa aktif yang terdapat pada permukaan yang bersifat layaknya sabun.

Saponin ini dapat dideteksi sesuai dengan kemampuannya dalam melakukan hemolisis pada sel darah dan membentuk busa. Jenis triperten ini populer karena rasanya, yaitu kepahitannya. Glikosida sapogenin dan saponin adalah merupakan salah satu dari jenis glikosida yang banyak tersebar pada tumbuhan.

Terdapat 2 jenis saponin, yang di antaranya adalah glikosida yang mempunyai struktur steroid dan glikosida triterpenoid. Yang Di mana kedua jenis saponin ini larut pada etanol dan air, namun tidak dapat larut pada eter. Kegunaan Saponin sendiri adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dan sebagai imbasnya kondisi jantung menjadi lebih sehat.

2. Protein

Daun binahong sendiri sudah mengandung sejumlah kadar protein yang dapat membantu meningkatkan daya imun tubuh yang dapat merangsang terbentuknya antibodi. Protein ini juga dapat membantu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan dan reproduksi sel sehingga dapat menggantikan sel-sel yang rusak.

3. Alkaloid

Alkaloid adalah golongan zat pada tumbuhan sekunder terbesar. Dan biasanya alkaloid juga meliputi senyawa bersifat basa serta kandungan satu ataupun lebih nitrogen yang tersusun dalam gabungan. alkaloid di sini biasanya masuk ke dalam sistem siklik dari alkaloid yang kadang bersifat racun untuk manusia.

Alkaloid umumnya tidak berwarna, sedikit cairan di suhu kamar dan optis aktif. Manfaat zat alkaloid sendiri umumnya dimanfaatkan oleh para penderita diabetes, karena mempunyai sifat hipoglikemik dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Asam Oleanolik

Daun binahong juga memiliki kandungan zat asam oleanolik. Yang di mana kandungan ini juga termasuk ke dalam golongan triterpenoid yaitu sebagai antioksidan pada tanaman. Bukan hanya itu, kandungan senyawa nitrit oksida yang terdapat dalam asam oleanolik berperan juga sebagai antioksidan yang mempunyai khasiat dalam melawan radikal bebas.

Dengan demikian, asam oleanolik ini juga memperkuat ketahanan sel sel tubuh terhadap infeksi serta dapat memperbaiki sel-sel tubuh.

5. Minyak Atsiri

Minyak atsiri atau yang biasa di sebut minyak eteris, adalah sejenis minyak yang mempunyai sifat mudah menguap yang bisa didapat dari tanaman dengan cara penyulingan. Ada terdapat beberapa kandungan pada minyak atsiri yang dapat digunakan untuk antiseptik eksternal dan internal, hemolitik, bahan analgesik, dan obat untuk sakit perut, pewangi kosmetik, serta stimulan. Demikian beberapa zat yang terkandung dalam daun binahong.

Khasiat Daun Binahong

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x