Mohon tunggu...
Kelvin Yanto
Kelvin Yanto Mohon Tunggu... low profile

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keterbatasan Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

22 Juni 2021   10:47 Diperbarui: 22 Juni 2021   11:01 20 1 0 Mohon Tunggu...

NAMA: kelvin s

mahasiswa 

programstudi ppkn

proses belajar mengajar di tengah pandemi covid 19 dinilai memberikan tantangan tersediri ,baik bagi pendidik maupun perserta didik nya.pandemi menghilangkan proses pembelajaran tatap muka dan menggantikanya dengan pembelajaran online/daring adaptasi baru membuat para tenaga pendidik harus berjuang extra kerasuntuk bisa menyampaikan materi pembelajaran sehingga para muridnya bisa menyerap materi pembelajaran dengana maksimal .tenaga pendiidk juga di tuntut untuk melakukan terobosan dan kreatif dalam menjalankan proses pembelajaran jarak jauh / daring sehingga suasana belajar tidak membosankan . 

social disthancing memberi pembatasan ruang dan waktu segenap kegiatan rutin dalam sistem pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan mulai dari pra sekolah,sekolah dasar,dan menengah pendidikan tinggi .banyak hal yang terlihat jelas setelah menyimak perubahan sistem pembelajaran pada setiap jenjang tersebut.  pembelajaran lainya berlangsung di ruang kelas dengan jadwal tertentu berubah menjadi di ruang masing masing dengan waktu yang tidak praktis sesuai jadwal pembelajaran .  

pembelajaran daring sebagai pilihan tunggal dalam pencegahan wabah virus covid 19 memberi warna khusus pada perjuangan melawan virus ini bahkan bentuk pembelajaran ini juga dapat di maknai sebagai pembatas akses pendidikan . pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun tidak dalam pembatsan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan virus covid 19. 

respon pro dan kontra terhadap bentuk pembelajaran daring ditemukan dalam berbagai ragam komentar beberapa unsur . siswa dan mahasiswa,para orang tua,guru dan dosen di berbagai media sosial ,komentar tersebut memiliki pesan kuat dalam menyampaikan pendapaat yang di wakili para masyarakat dalam menyikapi aktivitas belajar berbasis sistem pembelajaran daring selama masa pandemi  para tenaga pendidik  guru dan dosen memiliki ruang komunikasi yang juga di manfaatkan untuk mengekpresikan dan mendeskripsikan kesiapan mereka dalam mewangal ,program dan sistem penyelenggaraan pendidikan tetap berlangsung pada seluruh jenjang .komitmen mengajar di tunjukan dengan aktivitas berbasis digital 

upaya tenaga pendidik komunikasi perlu di bangun dengan memperhatikan bebrapa hal seperti berikut:

1.menggunakan bahasa yang simple yang mudah di pahami dan juga membangun pskis siswa

2.guru harus mempu memhami kondisi siswanya 

3.makna dari pesan atau informasi harus bermanfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN