Mohon tunggu...
Kelurahan Wirolegi
Kelurahan Wirolegi Mohon Tunggu... Lainnya - Kelurahan Wirolegi

Wirolegi adalah kelurahan di kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan Kelurahan Wirolegi berada di Lingkungan Sumberketangi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dalam Kelurahan Wiroolegi Kecamatan Sumbersari Bersama Mahasiswa KKN Kolaboratif 2022

29 Juli 2022   16:06 Diperbarui: 29 Juli 2022   16:09 231 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal lebih dalam kelurahan wirolegi kecamatan sumbersari bersama mahasiswa kkn kolaboratif 2022


Mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 235 Desa Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.

Jember- Mahasiswa dari beberapa Perguruan tinggi di kota Jember melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kolaborasi yang di selenggarakan oleh Pemkab Jember. Pada KKN Kolaborasi tahun ini para mahasiswa nya berasal dari 13 perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Jember. Mahasiswa KKN Kolaboratif kelompok 235 bertempat di Kelurahan Wirolegi yang beranggotakan 9 mahasiswa dari 3 perguruan tinggi berbeda yaitu Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah dan Universitas Dr. Soebandi.

Kelurahan Wirolegi ini terletak di ujung timur Kecamatan Sumbersari, berbatasan langsung dengan Kecamatan Pakusari dan Kecamatan Mayang yang dipimpin oleh bapak lurah Endro Lukito. Kelurahan Wirolegi terdiri dari 6 lingkungan dan 18 Rukun Warga Sumberketangi, Krajan, Sumberejo, Lamparan, Kaliwining, dan Gempal. Penduduk di kelurahan Wirolegi ini berjumlah sebanyak 13.260 jiwa dengan sebagian besar mata pencaharian warga di Kelurahan Wirolegi adalah seorang petani dan pedagang.

Para mahasiswa yang melaksanakan KKN Kolaboratif ini mempunyai program utama yang diberikan secara langsung oleh pemkab Jember yaitu untuk memvalidasi data kemiskinan melalui sebuah aplikasi yaitu DTKS Jember. DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial merupaka sumber data bagi pemerintah  untuk menetapkan sasaran program perlindungan sosial guna menanggulangi masalah kemiskinan. Diperlukan proses verifikasi dilapangan secara berkala untuk memperoleh DTKS yang valid. Kami ditugaskan mendata secara door to door yang meliputi beberapa pertanyaan di dalam aplikasi. Dalam mendata, kami para mahasiswa dibantu oleh bapak lurah untuk dalam memberi informasi kepada RT, RW setempat. Karena dengan adanya aplikasi DTKS Jember ini memudahkan bagi pemkab jember mendata secara adil tanpa adanya campur tangan pihak pihak lain yang tidak mempunyai wewenang untuk menentukan layak atau tidaknya masyarakat di kelurahan Wirolegi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan