Mohon tunggu...
Kelompok 3 KKNTLK
Kelompok 3 KKNTLK Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

KKN Lingkar Kampus Utama Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik Lingkar Kampus Kelompok 3 UNDIP: Pendirian Fasilitas Pojok Baca guna Meningkatkan Budaya Literasi

1 Desember 2022   08:00 Diperbarui: 2 Desember 2022   16:32 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Semarang. -- Pada program kerja monodisiplin KKN Tematik Lingkar Kampus Kelompok 3 yang berjudul "Sungaiku Bersih Kampusku Asri", mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus mendirikan sebuah fasilitas Pojok Baca yang dinamakan Pojok Baca Lestari. Pojok Baca tersebut berada di Poskamling wilayah RW 003/RT 002 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Program tersebut merupakan wujud dari program peningkatan budaya literasi di dalam masyarakat.

Acara pembukaan pojok baca yang berlangsung di wilayah RT 002/RW 003 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa tengah tersebut telah diselenggarakan pada hari Sabtu 19 November 2022. Acara tersebut mendapatkan sambutan yang baik dari warga dan juga perangkat RT setempat. 

"Pojok Baca ini dinilai mampu memberikan, mengedukasi, dan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya literasi dan pembangunan pengetahuan yang merata, serta memberikan dampak positif terhadap ilmu pengetahuan yang dibangun untuk kepentingan generasi penerus bangsa " Ujar Ibu RT 002/RW 003, Tarmi dalam hal ini mewakili Pak RT 002/RW 003

Program pendirian pojok baca ini dihadiri oleh Bapak Dr. Adi Nugroho, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan 1 (DPL1), perangkat RT 002 yang mewakili dalam kesempatan ini yaitu Ibu Tarmi, dan perwakilan mahasiswa dari Kelompok 3 KKN Tematik Lingkar Kampus Undip Tembalang yang berjumlah 11 Orang. 

Pada acara pembukaan program pojok baca tersebut, terdapat rangkaian acara berupa penataan dan pengisian fasilitas pojok baca seperti rak buku, papan tulis putih, dan beberapa buku hasil donasi. Acara juga diisi dengan kegiatan serah terima program pojok baca dari Mahasiswa KKN Tematik Lingkar Kampus Kelompok 3, dengan didampingi oleh Bapak Dr. Adi Nugroho, M.Si. selaku  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL 1) kelompok 3 dan sebagai perwakilan dari P2KKN Undip. Pada program pojok baca yang terletak di dalam Poskamling RT 002/RW 003 ini, yang berlaku sebagai koordinator pelaksana program ialah Mhd Syahidin Al Hakim dan Feren Aulia Sesiorizky. Selanjutnya, tanggung jawab penuh di dalam pengelolaan program pojok baca ini diberikan kepada pengurus RT setempat.

"Program ini merupakan program yang kita berikan dari kita, oleh kita, dan untuk masyarakat. Dengan tujuan untuk meningkatkan budaya literasi dan menanamkan nilai -- nilai mencintai buku, serta menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Program ini bukan tentang program saya, tetapi program kita semua". Ujar salah satu Koordinator Pelaksana Program Mhd Syahidin Al Hakim di Pojok Baca RT 002/RW 003. 

Sumber: Dokumentasi Pribadi
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Dalam pelaksanaan pendirian Pojok Baca Lestari tersebut, koordinator program membagi kedalam 3 tahapan. Tahap pertama adalah survei lokasi. Kegiatan survei lokasi yang dilakukan di wilayah RT 002/RW 003 mendapatkan respon yang positif dari perangkat RT setempat dengan menawarkan tempat pojok baca kepada mahasiswa dan memberikan informasi tentang pendirian program pojok baca kepada masyarakat. Tahap kedua, koordinator program mengadakan kegiatan galang buku (donasi buku). Selanjutnya tahap ketiga, tahap ini merupakan tahap pengeksekusian program atau pelaksanaan program.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun