Mohon tunggu...
Keenan Gandhi Trimurti
Keenan Gandhi Trimurti Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Penulis Partikelir

Hidup searah ke mana uang berhembus~~

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Integrasi Sosial sebagai Upaya Membangun Perdamaian Antar Suku

20 Oktober 2022   09:54 Diperbarui: 20 Oktober 2022   10:00 515
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebagai sebuah negara multikultural, Indonesia kerap menghadapi tantangan berupa konflik yang lahir dari ketidakmampuan untuk menerima ragam perbedaan. Entah perbedaan dalam konteks ras, agama, atau budaya.

Tantangan ini tentunya memerlukan sikap dan kebijakan yang tepat agar tidak terus menerus bergulir, sehingga kemudian menjadi konflik berkepanjangan dan akhirnya merugikan.

Salah satu konsep yang akhirnya melahirkan kebijakan guna merespons tantangan tersebut adalah integrasi sosial. Konsep ini merujuk pada upaya untuk membangun suatu kondisi kesatuan hidup bersama dari aneka satuan sistem sosial budaya, kelompok-kelompok etnis, dan kemasyarakatan untuk berinteraksi dan bekerjasama.

Contoh konkret dari manifestasi konsep integrasi sosial yang akhirnya menjadi sebuah kebijakan, bisa kita lihat dari kebijakan-kebijakan yang dirumuskan dan dipraktikkan oleh Pemerintah Kabupaten Puncak Papua.

Pelinus Balinal selaku Wakill Bupati Kabupaten Puncak Papua menegaskan bahwa Kabupaten Puncak Papua sebagai sebuah wilayah dengan banyak sekali suku dan ragam budaya, memerlukan sikap yang tepat agar segala ragam perbedaan itu menjadi anugerah, bukan musibah.

PENERAPAN INTEGRASI SOSIAL

Harus diakui bahwa sikap kita yang gagap terhadap perbedaan cenderung menjadi sebuah pranata konflik sosial. Pelinus menyebut, konflik berkepanjangan yang akhirnya meletus menjadi perang antar suku di Kabupaten Puncak Papua sebagai misal.

Dalam kondisi yang demikian, lanjut Pelinus, komitmen untuk terus memperjuangkan integrasi sosial, mutlak diperlukan.

Mewakili Pemkab Puncak Papua, Pelinus menyebut beberapa kegiatan yang diinisiasi oleh pihaknya demi terintegrasinya masyarakat atau suku-suku yang ada di Puncak Papua.

Terbaru, Pemkab Puncak Papua mengadakan kegiatan upacara perdamaian di Timika (Kwamkinarama). Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Puncak Papua juga memberikan bantuan dana kepada setiap kelompok keluarga yang tengah menghadapi persiapan pengumpulan dana penyelesaian pembayaran kepala dan perdamaian.

"Bantuan yang diberikan oleh Pemkab Puncak Papua ini, adalah bentuk keseriusan kami dalam melawan segala bentuk konflik yang ada di tanah Puncak. Lebih-lebih konflik tersebut mengancam jiwa masyarakat seperti konflik antar suku yang selama ini terjadi," tutur Pelinus, Minggu (02/10/2022).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun