Mohon tunggu...
Kaylasyifa Azzahrie
Kaylasyifa Azzahrie Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jamur Payung, Bahayakah?

21 Desember 2020   08:04 Diperbarui: 21 Desember 2020   09:01 404 2 1 Mohon Tunggu...

Jamur payung adalah jenis cendawan yang banyak tumbuh di dunia. Beberapa cndawan dapat dimakan, namun banyak pula yang sangat beracun. Siapapun sebaiknya tidak makan cendawan apapun kecuali jika suda ahli dalam membedakan jenisnya, karena banyak orang yang meninggal akibat makan jamur payung.

  • Jamur Sarang Lebah

Ada beberapa jenis jamur sarang lebah (morel). Sarang lebah esculenta tumbuh di hutan pada musim semi dan rasanya lezat. Sarang lebah palsu tumbuh pada waktu yang sama dan tampak serupa, namun racunnya mematikan.

  • Jamur Payung Maut

Jamur Payung maut memperoeh namanya karena sebagian orang yang memakannya mninggal. Jamur payung maut adalah jamur putih dengan payung perunggu. Ia mengakibatkan sakit perut parah sekitar enam jam setelah dimakan, dan segera menghancurkan hati dan ginjal. Dan sampai sekarang belum ada pengobatan yang diketahui.

Jamur malaikat pnghancur adalah cendawan langka, indah, dan sangat mematikan yang tumbuh di hutan-hutan sluruh Eropa. Warnanya putih bersih dan beraroma manis jika di potong.

Cendawan madu tumbuh di hutan gugur di beberapa bagian dunia, misalnya di pohon ek dan maple. Jika spora cendawan madu mendarat pada luka dibatang pohon, spora itu akan tumbuh dengan cepat. Dalam beberapa bulan, pohon itu akan mati dan kayunya akan membusuk menjadi bubuk putih.

  • Jamur Truffel Perigord

Adalah cendawan paling berharga berwarna hitam yang tumbu didalam tanah di Eropa. Rasanya lezat dan unik. Harganya bervariasi sepanjang tahun, kadangkala dapat mencapai sepuluh kali harga perak murni.

  • Jamur Boletus

Adalah jamur yang hampir semua jenisnya dapat dimakan. {enny bun boletus atau cep dipanen oleh petani jamur untuk dijual. Namun demikian, jamur boletus setan adalah jamur yang beracun.

Sumber & Referensi : Rupert Matthews, Hot Topics: Dengerous And Deadly, 2003, Chrysalis Childern's Books: Great Britain.

VIDEO PILIHAN