Mohon tunggu...
Kautsar Ramadhan
Kautsar Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Kimia yang suka Komedi, Psikologi, dan Pengetahuan Umum

Tips Psikologi | Pengetahuan Umum | My Story

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sering Merasa Kesepian? Waspada Bisa Jadi Kebutuhan Emosionalmu Tidak Terpenuhi

8 Juni 2021   19:55 Diperbarui: 8 Juni 2021   20:21 98 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sering Merasa Kesepian? Waspada Bisa Jadi Kebutuhan Emosionalmu Tidak Terpenuhi
(sumber Gambar : pendidikankarakter.com)

7 tanda kebutuhan emosional kamu terabaikan

Hai kenalin aku Kautsar Luthfian Ramadhan, tapi aku lebih akrab disapa Icay. Beberapa waktu lalu sejujurnya aku sedikit kecewa dengan perempuan yang aku taksir, dia tidak terlihat tertarik denganku bahkan sekedar untuk mengobrol. Aku merasa sedikit kesal dengannya, tapi belakangan aku menyadari bahwa dia sedang dalam fase menuju datang bulan hehe. Dan aku mulai berpikir kenapa terkadang berada disisi orang yang aku suka aku masih sering merasa kesepian. Apakah kebutuhan emosionalku tak tertenuhi?

Apakah kamu merasa tidak puas dengan hubungan atau persahabatan mu saat ini? Semua hubunganmu Dan persahabatan itu rumit dan membutuhkan usaha dan waktu untuk memeliharanya. Namun, kebutuhan emosionalmu dapat terabaikan dalam suatu hubungan, baik itu anggota keluarga, teman, atau pasangan. Ketika kebutuhan emosionalmu tidak terpenuhi, hubungan bisa berantakan dan kamu kehilangan koneksi itu dengan seseorang. langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan mengenali apakah kebutuhan emosionalmu terpenuhi atau tidak. Jadi, dengan itu, berikut adalah tujuh tanda bahwa kebutuhan emosional mu terabaikan

nomor satu, orang lain hanya fokus pada diri mereka sendiri. Jika seseorang dalam hidupmu hanya memikirkan diri mereka sendiri dan tidak mempertimbangkan dirimu dan perasaanmu, maka kamu mungkin sedang berjuang dengan emosi yang terabaikan. Apakah orang ini mendengarkan kamu ketika kamu berbicara dengannya? apakah mereka mau berbagi pencapaiannya dan merayakannya denganmu? Apakah mereka ada untuk kamu dan kamu merasa sedih atau sedang berjuang? jika kamu merasa mereka secara rutin mengabaikan kamu dan kebutuhan emosionalmu tetapi kemudian mereka malah memohon perhatianmu, maka itu adalah masalah. Jika kehidupan dan kebutuhan mereka menjadi pusat perhatian, maka ada seseorang yang berfokus pada diri mereka sendiri di atas kebanyakan orang lain. Mereka merasa mereka adalah pusat dari dunia mereka sendiri, dan kamu bisa terasa seperti Sesuatu yang hanya sekedar lewat. Ketahuilah bahwa tidak ada yang berhak membuat kamu merasa seperti ini. Perasaanmu juga penting, siapa kamu, apa yang kamu rasakan, dan apa yang kamu katakan, semuanya layak untuk dibicarakan.

Nomor dua, hubungan yang kurang kasih sayang. apakah hubunganmu dengan seseorang terdapat kasih sayang didalamnya? apakah mereka mengajak kamu ke dalam kebiasaan yang menghibur dan penuh kasih cinta, seperti pelukan hangat dari anggota keluarga? atau memegang tangan kamu sebagai pasangan mereka. Jika orang ini merasa dingin dan terasa jauh dan mereka benar-benar bersikap dingin kepada Anda. Ini bisa menjadi tanda pengabaian emosional, kebiasaan sikap yang menenangkan dan penuh kasih sayang secara fisik dapat membantu mengikat kamu dengan seseorang. Ini adalah cara fisik untuk terhubung dengan seseorang dan jika bagian itu hilang dalam hubunganmu dengan orang ini, maka hubunganmu dengan mereka bisa saja terganggu.

Nomor tiga. Hubungan kurang komunikasi. apakah orang ini menutup diri Ketika kamu mencoba untuk berbicara dengan mereka? apakah mereka memberi kamu silent  treatment? Mereka mungkin menutup diri dari kamu, mengabaikan kamu atau bahkan meninggalkan kamu ketika kamu mencoba berdialog. Ketika kamu mencoba mendiskusikan masalah apa pun dengan mereka atau sekedar percakapan biasa dapat terasa sangat berat sebelah dan bertele-tele. pembicaraan dengan mereka dapat terasa sedikit dan jarang. dan mereka tidak benar-benar mengusahakan solusi. Jika ada masalah di antara kalian berdua. ketika dia marah kepada kepadamu, mereka tidak mengungkapkan diri mereka atau memberi tahu kamu mengapa mereka marah kepada kamu. Orang ini lebih suka memberi silent  treatment dan membiarkan kamu menderita dalam keheningan itu dan bertanya-tanya apa sebenarnya yang membuat mereka kesal. Perilaku ini sangat toxic dan manipulatif dan memungkinkan kebutuhan emosionalmu terabaikan. lagi pula bagaimana kamu bisa terhubung bila lingkunganmu dipenuhi oleh orang yang jarang membalas kebutuhan emosionalmu dalam sebuah hubungan?

Nomor empat. kamu merasa dendam terhadap mereka. Apakah kamu merasa dendam terhadap pasangan, anggota keluarga, atau teman dekatmu? Apakah kebencian ini baru atau sudah lama terbentuk? jika kamu menyadari bahwa Ada Perasaan dendam terhadap seseorang dalam hidup kamu, pengabaian Emosional bisa menjadi alasan mengapa itu terjadi. kebencian semacam ini harus diatasi, Jika bisa janganlah perasaan negatif itu disimpan untuk diri sendiri, hal ini dapat benar-benar menyakitimu dalam jangka panjang. kamu mungkin membutuhkan lebih banyak dukungan atau validasi dari orang ini yang belum memberikannya padamu dengan benar. Mungkin kamu menginginkan dukungan vokal yang lebih positif dari pasangan kamu? atau mungkin kamu ingin ibu atau ayahmu berbicara denganmu lebih terbuka dan jujur?. bagaimanapun kemungkinan besar kamu memiliki kebencian karena kebutuhan emosional yang diabaikan. Bagaimana ?  bisakah kamu menghilangkan kebencianmu dengan orang yang kamu cintai?

Nomor lima. kamu memilih untuk menceritakan kepada orang lain sebelum kamu berbicara dengan mereka. Apakah kamu ragu untuk memberi tahu orang tersebut Kabar baik, atau bahkan kabar buruk? Apakah kamu pergi menemui orang lain sebelum memilih untuk memberi tahu orang itu? kamu mungkin bertindak seperti ini karena kamu memiliki kebutuhan emosional yang tidak terpenuhi, kamu sadar bahwa orang ini tidak akan memberikanmu dukungan atau reaksi yang kamu butuhkan. Jadi kamu mencari reaksi itu dari orang lain terlebih dahulu. ini adalah cara untuk mencari validasi eksternal di luar hubunganmu dengan orang tertentu yang tidak memberikan apa yang kamu butuhkan Secara emosional

Tidak ada Pertengkaran bisa menjadi salah satu indikator hubunganmu tidak baik baik saja (sumber gambar : lifestyle.kompas.com)
Tidak ada Pertengkaran bisa menjadi salah satu indikator hubunganmu tidak baik baik saja (sumber gambar : lifestyle.kompas.com)

nomor enam, tidak ada pertengkaran. pertengkaran dan ketidaksepakatan adalah bagian dari kehidupan dan kamu tidak akan bisa bergaul dengan semua orang. Mungkin ada beberapa gesekan dalam hubunganmu, tetapi apakah kalian berdua sudah membicarakannya? atau bahkan berdebat tentang hal itu?. Ketika kamu berkelahi dengan seseorang, tentunya hal inimembutuhkan kemauan untuk menantang satu sama lain dalam menyoroti kemampuan untuk menoleransi kemarahan, baik itu kemarahanmu ataupun kemarahan mereka, dan membutuhkan beberapa elemen hubungan emosional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x