Politik

Jalin Persahabatan dengan Saudi Arabia, ARAMCO Akan Investasi Besar-besaran di Sektor Migas

12 Juli 2018   18:46 Diperbarui: 12 Juli 2018   18:57 313 0 1
Jalin Persahabatan dengan Saudi Arabia, ARAMCO Akan Investasi Besar-besaran di Sektor Migas
ilustrasi ll dokpri


Meski kerap diisukan memiliki sentimen dengan umat Islam, faktanya pemerintahan Presiden Joko Widodo justru sangat bersahabat dengan negara-negara Islam, termasuk Arab Saudi.

Bahkan, dalam kunjungan diplomatiknya, Raja Arab Saudi berkomitmen untuk banyak berinvestasi di Indonesia. Itu sebagai bukti persahabatan yang abadi antara Indonesia dan Arab Saudi.

Realisasinya, perusahaann minyak dan gas bumi (migas) asal Arab Saudi, Aramco, akan melakukan investasi dengan total nilai mencapai Rp. 140 triliun di Indonesia.

Dalam investasinya tersebut, Aramco tidak hanya berniat akan membangun kilang minyak saja, namun juga tangki timbun serta jalur distribusinya langsung di Indonesia.

Dengan adanya investasi di sektor migas itu, kapasitas produksi BBM di Indonesia akan meningkat hingga 700 ribu barel per hari. Hal ini akan menurunkan impor minyak secara signifikan.

Adanya investasi itu merupakan salah satu capaian penting Presiden Jokowi dalam menjalin kerjasama investasi dengan negara sahabat, seperti Arab Saudi ini. Meski wacana kerjasama itu telah lama dibicarakan, yakni sejak masa Orba, namun baru terealisasi pada era Presiden Jokowi sekarang.

Kita akan terus dukung komitmen kerjasama yang saling menguntungkan seperti di atas. Hal itu akan membuat negara kita semakin kuat, berdaya saing dan maju.