Mohon tunggu...
Katharina Zianet
Katharina Zianet Mohon Tunggu... Mahasiswi

FISIP UAJY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Memahami Manfaat Analisis Sosial

24 Februari 2021   23:02 Diperbarui: 24 Februari 2021   23:05 34 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Manfaat Analisis Sosial
jurnaltrans.com

Dalam kehidupan masyarakat sebuah permasalahan merupakan perkara yang pasti dialami, baik antara individu atau kelompok. Peristiwa ini menjadi bagian dari realitas sosial. Pada kenyataannya kita sering kali mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan situasi seperti ini. Misal bagaimana cara kita harus menggali lebih latar belakang dari suatu masalah sosial, atau adakah kepentingan lain dari fenomena sosial yang terjadi.

Realitas sosial yang dialami setiap daerah pada dasarnya berbeda-beda. Akan tetapi, saat ini kita semua dihadapkan pada satu realita yang sama yaitu pandemi Covid-19. Tidak hanya bangsa Indonesia saja tetapi juga seluruh belahan bumi. Sebagai akibat dari pandemi ini, kondisi ekonomi masyarakat mengalami gangguan. Situasi ketika para pekerja memperoleh pendapatan yang kurang, banyak bisnis yang terpaksa harus gulung tikar, atau bahkan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran.

Kondisi diatas menjadi satu dari sekian banyak contoh permasalahan sosial yang terjadi. Sebagai individu yang tinggal dalam lingkungan masyarakat, kita membutuhkan kecerdasan untuk memahami fenomena-fenomena yang terjadi disekitar kita, sebab sepanjang kehidupan kita akan sering bersinggungan dengan realitas sosial.

Pada dasarnya semua realitas sosial dapat kita jadikan objek untuk dianalisis dan dipelajari lebih lanjut. Pengamatan terhadap gejala sosial dan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial. Teori atau pendekatan ini akan melihat hubung erat antara fenomena yang terjadi dengan aspek (politik, ekonomi, agama, dan budaya) yang ada.

Serupa dengan penelitian lain, analisis sosial juga mempunyai manfaat tersendiri bagi kita sebagai peneliti. Dengan lingkup yang lebih besar analisis sosial tentu saja memberikan manfaat bagi masyarakat yang menjadi objek dari analisis ini. Maka kemudian apa saja manfaat dari analisis sosial bagi peneliti dan masyarakat?

  • Sebagai bagian dari menganalis gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat.
  • Menemukan solusi dari masalah sosial yang diamati.
  • Menemukan gambaran sebab-akibat dari suatu fenomena sosial yang terjadi.
  • Kita dapat memperkirakan perubahan atau fenomena yang akan menjadi realitas sosial di masa mendatang.

Dengan demikian, dengan menganalisis kondisi sosial kita dapat mengurangi atau mengurangi akibat negatif dari realitas yang ada.

VIDEO PILIHAN