Mohon tunggu...
Katerin Darmaya
Katerin Darmaya Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hallo, semoga artikel saya bisa bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Berharga Selama Magang Kuliah

15 Maret 2020   18:22 Diperbarui: 16 Maret 2020   00:57 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengalaman pertama saya magang kuliah di koran selama 3 bulan, setahun yang lalu pertama kali saya ditugaskan membuat koran (lifestyle) perasaannya campur aduk banget. Senang, sudah pasti. Takut, iyaa juga. 

Pernah mikir awalnya bakal disuruh nulis laporan ini-itu, atau bakal di uji ini-itu dan lain-lainnya. Yang saya khawatirkan waktu itu kepada takut salah tingkah atau ngelakuin sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan redaktur.

save-20191109-143203-5e6e3878097f366bce70b912.jpeg
save-20191109-143203-5e6e3878097f366bce70b912.jpeg

Tapi hari demi hari berikutnya, saya mulai terbiasa dengan pembuatan berita yang memang harus segera diberikan kepada redaktur kita untuk membenarkan hasil laporan yang diliput. 

Namun, dengan berbagi waktu antara magang dengan kuliah itu merupakan kesadaran diri kita terhadap waktu agar nanti pada saat kerja sudah tidak terbiasa dengan bermalas-malasan. Karena memang jarak tempat magang saya yang berada di Jakarta cukup jauh, belum lagi tempat acara yang ingin saya hadir harus tepat waktu.

Pengalaman ini cukup menarik bagi saya, karena yang awalnya mikir akan di tempatkan dikantor, ternyata hanya meliput ketika adanya undangan dari Publik Relation (PR). 

Mungkin ini kesukaan semua umat manusia yang merupakan tempat untuk mendapatkan informasi dengan berbagai bentuk seperti Make-up, Baju, Sepatu, Parfum, Hijab, dan berbagai bentuk kebutuhan lain.

foto-3-tantri-5e6e0d66d541df582d7ac632.png
foto-3-tantri-5e6e0d66d541df582d7ac632.png

Perjalanan selama mendapatkan berita tersebut, harus menguji mental saya untuk memberanikan diri bertanya agar bisa mendapatkan informasi itu. 

Dengan susah payah karena memang saya sendiri yang masih belajar menjadi reporter. Beda halnya dengan reporter lain yang sudah terbiasa menghadapi situasi disana.

Yang membuat saya menyukai ini, karena saya merasa tidak hanya menguji mental namun dari pengalaman yang saya dapatkan mempunyai banyak teman atau reporter yang sedang bekerja. 

Tidak semua reporter mau berkenal dengan kita, sebab menurutnya kita sama-sama merebut berita agar informasi yang disampaikan ke pembaca lebih tertarik ke media lain.

img-20190921-123941-119-5e6e0f38097f361e757b4472.jpg
img-20190921-123941-119-5e6e0f38097f361e757b4472.jpg

Tapi bagi saya itu tidak masalah setiap manusia pasti ingin mewujudkan haknya dalam mendapatkan keuntungan. 

Dari pengalaman saya ini, saya merasa senang karena ini merupakan wujud saya juga bisa bertemu dengan penggemar selama ini aslinya memang artis sangat baik menyapa.

Dari aku pribadi " tampil pede aja di hadapan orang lain, karena kita disana hanya ingin mendapatkan informasi. Tapi, perlu juga menjaga etika dan tata krama didepan umum setidaknya menyapa atau berkenalan dengan orang yang belum dikenal."

"Tidak ada salahnya mempunyai banyak teman itu termasuk kesenangan tersendiri nantinya dan pastinya mempunyai banyak hal menarik dari pengalaman ini."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun