Mohon tunggu...
Katerin Darmaya
Katerin Darmaya Mohon Tunggu... Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hallo, semoga artikel saya bisa bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih !

Selanjutnya

Tutup

Film

Perbedaan Film Dilan 1990 dengan 1991

15 Maret 2020   15:16 Diperbarui: 15 Maret 2020   17:12 15 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan Film Dilan 1990 dengan 1991
Milea dan Dilan

Manisnya percintaan remaja SMA yang menjadi perbicangan di kalangan muda pada film Dilan 1990 & 1991 dari novel berjudul karya Pidi Baiq. Tingkah Dilan yang sangat pandai merangkai kata-kata yang membuat Milea mabuk kepayang. Milea yang penasaran akhirnya jatuh cinta dengan pria yang awalnya dianggap aneh.

Milea, kisahku dengan Dilan dari pertemuan pertama sampai kami resmi berpacaran. Dilan yang tidak sempurna, Dilan yang sederhana, Dilan yang membuat Milea jatuh cinta. Dilan yang sudah mendekor ulang hidupku yang membuat setiap bangun tidur selalu memastikan bahwa dia masih ada dibumi.

Dilan adalah panglima tempur salah satu geng motor yang berada di Bandung. Milea ingin berpacaran karena terjebak pada satu keadaan dimana lebih dari sekedar senang. Dilan yang membuat Milea aman didunia yang penuh banyak bahaya ini.

Kang Adi adalah orang yang mengajar Les Privat dirumah Milea, ia berusaha memberikan sesuatu dan mengajak Milea jalan agar Milea menyukainya. Namun Dilan cemburu dan ia datang bersama kawannya untuk merayakan Milea Adnan Hussain dan Abdul Dilan resmi berpacaran.

Pada suatu hari dimana Milea bertemu dengan teman waktu kecilnya yaitu Yugo sepupu jauh . Yugo berusaha mendekati Milea dengan cara mengajak keliling kota Bandung untuk bisa selalu bersama Milea yang memang sudah lama tidak jumpa.

Difilm Dilan 1990 dimana Dilan pernah masuk penjara lantaran berkelahi dengan Anhar disebabkan karena sudah berani menampar Milea. Milea sangat cemas jika Dilan mengulang kembali untuk tawuran bersama pria yang pernah menampar kekasihnya waktu itu.

Milea mengancam ingin putus agar Dilan kapok untuk tidak melakukan tawuran bersama kawan-kawannya. Dan setelah Dilan melihat Milea ternyata sedang jalan dengan pria lain Dilan sangat kesal dan menjauh dari Milea. Mereka akhirnya putus.

Hingga akhirnya, Milea bertemu dengan sosok Hardi di kehidupan Milea mereka berencana untuk menikah. Lalu ada seorang pria yang datang ke resepsionis untuk memberikan laporan magang di tempat kerja suami Milea ternyata itu adalah Dilan.

Milea teringat dimana mereka dulu pernah berpacaran dan bahagia bersama, namun hubungan mereka berdua putus di tengah jalan lantaran kekesalan Dilan terhadap Milea.  Milea berusaha mencari tahu dimana Dilan berada namun usaha yang ia lakukan ternyata tidak berhasil.

Perbedaan dari film Dilan 1990, lebih sederhana karena membahas seputar kisah asmara remaja. Sedangkan film Dilan 1991 memiliki kisah yang lebih dewasa dan melihat aspek cinta lebih luas.  

Penggambaran kehidupan remaja di masa SMA masih terasa masuk akal. Lantaran tingkah nakal remaja yang membolos, berpakaian tidak rapi, memiliki konflik dengan guru atau teman sebaya.

Pendekatan dari film ini cukup pas dengan suasana kota Bandung yang masih sepi, sebelum dipadati kendaraan. Secara keseluruhan, film ini terasa tepat untuk menjadi hiburan bagi para remaja dan masih dapat di nikmati untuk sekedar bernostalgia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x