Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik...dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Guru dan Omong Kosong

21 Mei 2021   11:25 Diperbarui: 21 Mei 2021   11:34 172 30 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru dan Omong Kosong
Gambar: diolah dari postwrap dan cartoonpictures

Katedrarajawen  _Apakah Pencari Kebenaran akan menemukan kebenaran?

Seorang Pencari Kebenaran sudah melanglang buana, tetapi tak juga menemukannya. Ia justru menemukan kesalahan. Di mana kebenaran itu? Hadirkan penuh tanya. 

Setiap pemilik kebenaran selalu mengatakan mereka yang paling benar sambil menyalahkan kebenaran lain. Merekalah pemilik kunci surga, yang lain akan dipanggang di api neraka. 

Ada di atas mimbar mengagungkan keyakinannya sambil dengan bebas  menghina kebenaran lain atas nama ini untuk kalangan sendiri. 

Ironis. Tatkala berbicara berhadapan dengan yang berbeda bicaranya manis. Pencari Kebenaran melihat  miris dengan hati teriris. 

Pencarian Kebenaran tak berkenan menemukan kenyataan  mereka yang merasa sebagai pemilik kebenaran, tetapi kehilangan rasa. 

Suatu hari melewati hutan nan sunyi Pencari Kebenaran bertemu seorang kakek tua dengan pakaian seadanya. Rambut tak terurus. Jenggot sudah memutih semua. Penuh senyuman. Wajahnya  seakan bercahaya terkena sinar matahari. 

"Ini yang kucari," gumam Pencari Kebenaran, "salam kebenaran, Guru."

Sosok tua yang disapa guru mengangguk-angguk sambil membelai jenggotnya dengan tangan kiri. Sementara tangan kanannya menunjuk-nunjuk ke langit dengan jari telunjuk. 

"Oh, Tuhan itu satu." Pencari Kebenaran ikut mengangguk-angguk.

"Benar-benar guru sejati," batin Pencari Kebenaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x