Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik...dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Jangan Takut untuk Menjadi Tidak Jujur!

16 April 2010   16:32 Diperbarui: 26 Juni 2015   16:45 179 0 10 Mohon Tunggu...

Ternyata kejujuran bukanlah harga mati dalam hidup ini yang harus dipegang teguh . Kebohongan pun bukan sesuatu hal yang tak boleh dilakukan . Adakalanya memang perlu untuk bersikap tidak jujur!

Saya pernah mendengar seorang kawan berkata , "Kalau berbohong demi orang lain bisa masuk surga , aku rela melakukannya ! "

Menurut saya memang ada waktunya , kejujuran itu tidak diperlukan lagi dan hati nurani juga pasti mengijinkan .

Sebagai ilustrasi , pada suatu ketika tiba-tiba seorang yang sedang luka parah berlarian masuk kedalam rumah kita untuk minta perlindungan. Berselang beberapa lama datang sekelompok orang yang mengejar dan bertanya pada kita tentang keberadaan orang tersebut . Ketika itu kita tidak mengetahui , pihak mana yang benar dan mana yang salah . Apa yang harus anda lakukan bila berada dalam posisi demikian ?

Kalau saya, pasti tidak akan berkata jujur alias berbohong bahwa orang itu telah melarikan diri sesuatu arah , walaupun saya tahu orang itu adalah maling atau orang jahat sekalipun .
Karena apabila kita jujur pada keadaan demikian , bisa saja akan terjadi kehilangan satu nyawa .

Lalu apakah bisa dikatakan kita melindungi orang jahat ? Itu adalah lain soal ! Kesalahan tetap harus dipertanggung jawabkan , sedang menolong keselamatan orang lain yang membutuhkan adalah kewajiban .

Masih banyak contoh soal , bahwa ketidakjujuran tidak kalah pentingnya dengan kejujuran yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari .sekali lagi , yang menjadi kunci utama adalah kearifan yang sangat berperan penting dalam hal ini ketika menghadapi sebuah situasi yang menentukan kita untuk bersikap .

Memang adakalanya tidak perlu takut untuk menjadi orang yang tidak jujur sekalipun . Walaupun mengandung resiko tidak kecil . Sama halnya ketika kita bersikap jujur . Karena ketidakjujuran pada saat dan keadaan yang tepat pun dapat bermanfaat dan menjadi penyelamat .
Sedangkan kejujuran pada saat dan keadaan yang salah tak jarang justru membawa bencana dan petaka .

Jadi , bersikaplah bijak bila demikian dalam mengambil sebuah sikap !

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x