Mohon tunggu...
Katarina Widhi Arneta Sari
Katarina Widhi Arneta Sari Mohon Tunggu... Mahasiswi

sedang belajar dan terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Media

Mengintip Perjalanan Media Online di Inggris

22 September 2020   12:19 Diperbarui: 22 September 2020   12:28 51 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Perjalanan Media Online di Inggris
sumber: journoresources.org.uk

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, setiap aspek kehidupan akan selalu mengembangkan kualitasnya. Tak terkecuali dengan media-media yang dahulu masih cetak atau analog kini telah bertransformasi menjadi media digital atau online.

Media digital (online) dapat diartikan sebagai sarana mendapatkan informasi atau pesan yang berisikan teks, gambar, video, audio, hingga grafis yang saling terintegrasi dalam suatu halaman website.

Banyak media konvesional atau analog dari berbagai penjuru dunia yang mulai merambah ke dunia digital atau online.

Sejarah Internet di Inggris


Internet menjadi kunci munculnya media digital, tak terkecuali di negara Inggris. Donald Davies sebagai ilmuwan komputer welsh yang bekerja di NPL (National Physical Laboratory) UK pada waktu itu mengusulkan jaringan data nasional komersial, yang mana jaringan tersebut akan dioperasikan dalam jaringan lokal atau jaringan NPL pada tahun 1969-1986.

Untuk mewujudkan ide tersebut, Donald Davies bersama timnya melakukan analisis dan simulasi kinerja jaringan  datagram dan jaringan packet switching. Penelitian mereka membuahkan hasil dan akhirnya diadopsi oleh ARPANET.

Sebelum munculnya WWW / world wide web, pada tahun 1983 Inggris mulai mengembangkan JANET yang dibuat untuk menghubungkan seluruh lembaga pendidikan yang ada  di Inggris, terutama bagi komunitas riset dan laboratorium pendidikan.

Selanjutnya pada tahun 1985, telah dibuat domain untuk Negara Inggris yang bernama ".uk". Hal ini menjadi cikal bakal perkembangan internet dan media online di Inggris. Muncul juga ISP atau Internet Service Provider dengan biaya yang rendah di tahun 1992. Kemunculan ISP ini menjadikan masyarakat Inggris semakin mudah mengakses internet, e-mail, hingga berita-berita yang tersebar melalui internet.

Media Online di Inggris

Dipelopori oleh BBC ditahun 1994, mulai beralih koran-koran konvensional menjadi koran digital atau online. Media online seperti The Guardian, The Financial Times, hingga The Telegraph juga mulai mengikuti jejak BBC.

Selain BBC, media online yang juga sama terkenalnya di Inggris adalah The Guardian. Didirikan pada tahun 1821 dan mulai merambah ke teknologi online pada tahun 1994.

The Guardian menjadi salah satu situs berita online yang paling banyak diakses oleh warga Inggris dengan prosentase 36%. Beberapa topik yang dibahas dalam situs berita ini antara lain : sport, opinion, culture, dan lifestyle. Selain itu, situs berita The Guardian juga dilengkapi dengan fasilitas podcast, gambar, dan juga video.

Selain BBC dan The Guardian, masih banyak media online di Inggris seperti :

  • Metro.co.uk
  • Telegraph.co.uk
  • Independent.co.uk
  • Thesun.co.uk , dll.

Penghargaan Media Online di Inggris

Ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada media di inggris, baik yang berbentuk cetak maupun digital (online), diantaranya:

  • Daily Mail meraih penghargaan daily Newspaper of the Year
  • The Mail on Sunday meraih penghargaan Sunday Neswpaper of the Year
  • The Telegraph meraih penghargaan News Website of the Year





VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x