Dwi Okta Nugraha
Dwi Okta Nugraha lainnya

Blogger gado-gado Medioker di http://www.kasamago.com | dwioktanugroho.wordpress.com | twitter: @kasamago

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

TNI, Special Forces dan Operation Red Sea

11 Juli 2018   09:57 Diperbarui: 11 Juli 2018   10:18 152 0 0
TNI, Special Forces dan Operation Red Sea
Jiaolong -- pic by scmp

Film adalah fiksi, mengandung imajinasi dan bisa jadi kebenaran. Dalam film bergenre Perang, salah satu kredo yang saya favoritkan adalah tentang Penyelamatan, Pengepungan, Pengorbanan dan Kerjasama.

Film perang yang mengandung keempat kata tadi menurut saya sukses dieksekusi pada film berikut; Saving Private Ryan (1998), BlackHawk Down (2001), Jarhead 3 the Siege (2016), 13hours of Benghazi (2016), Mountain II (2016) dan Operation Red Sea (2017).

Jika dilihat dari sudut hiburan, tentu semua menghadirkan aksi yang seru dan menegangkan, akan tetapi dilihat dari sudut geopolitik dan Tanggung Jawab Negara semuanya mengarah pada satu poin, Menjaga Kewibawaan Negara di mata rakyat dan dunia internasional.

Untuk itu, operasi Pasukan Khusus pun digelar demi menyelamatkan warga negara nya meski hanya satu orang saja.

OPERATION RED SEA

Sebenarnya dari sisi cerita, saya lebih memilih film Mountain II tentang upaya pasukan khusus Turki menyelamatkan warga dan penduduk desa dari kepungan Daesh (ISIS) di Irak. Tapi di tinjau dari Aspek lain, Operation Red Sea sangat perlu di ulas.

Di tahun 90an kebawah, China adalah Naga layangan, diremehkan.. tetapi pasca kesuksesan misi pesawat luar angkasa Shenzou 5 (2003) dan tuan rumah Olimpiade Beijing 2008 yang super megah, China bangkit menjadi Naga Raksasa.

Ekonomi China meroket tajam menyaingi Amerika, imbasnya kekuatan militer terutama angkatan lautnya meningkat drastis membuat Jepang ,Taiwan, Vietnam dan Filipina mereformasi kekuatan militernya.

Operation Red Sea adalah film perang yang meraih kesuksesan di negara nya, tak kalah hebat dengan film Perang box office Hollywood. Operation Red Sea adalah film propaganda Angkatan laut China (PLA Navy) yang mempertontonkan kehebatan militer China beroperasi di luar negeri, Power Projection Capacity. Segala teknologi, senjata, kemampuan personil dan peralatannya terekspose sedemikian baik.

Berkisah tentang pasukan khusus AL China, Jiaolong mengevakuasi seorang warga negara nya disebuah negara timur tengah dari kepungan konflik disana. Berbekal SDM prajurit, Komunikasi, Drone peledak dan peralatan nya, segelintir Pasukan ini mampu mengalahnya ratusan pasukan lawan.

TNI DAN SPECIAL FORCES

Lalu apa hubungannya konten diatas dengan TNI? Operasi khusus yang melibatkan Special Forces guna menyelamatkan warga negara RI di luar negeri sejatinya sudah pernah dialami.

Salah satu nya adalah operasi pembebasan kapal MV sinar kudusdari pembajak somalia oleh armada TNI AL dan Gabungan Pasukan Khusus. Sayang nya, Operasi ini konon tidak berjalan mulus karena pembayaran tebusan kepada pemberontak tetap dilakukan. Disinyalir, ketidakmulusan ini akibat kurangnya perencanaan dan persiapan yang seharusnya.

Last, meski tidak ada skenario ciptaan manusia yang sempurna, setidaknya misi berjalan sukses dan memberikan efek jera bagi lawan. Negara yang serius dan tanpa ampun melindungi keselamatan warga negara nya di manapun berada, disisi lain akan menimbul efek deterens secara tidak langsung di dunia internasional.

"Ini loh akibatnya kalau macam macam dengan rakyat saya!!...", So, semoga sekarang TNI telah mampu melaksanakan misi jarak jauh nya seperti dalam film Operation Red Sea..

|| KASAMAGO