Mohon tunggu...
Kartika Kariono
Kartika Kariono Mohon Tunggu... Ibu Rumah Tangga

Mengalir mengikuti kata hati dan buah pikiran

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan Pilihan

7 Minuman "Oldies" Tetap Kekinian

1 Juni 2018   23:17 Diperbarui: 1 Juni 2018   23:53 0 7 10 Mohon Tunggu...
7 Minuman "Oldies" Tetap Kekinian
dok.Pribadi

Apapun makananannya,minumnya.. hayo...sepertinya kebanyakan akan menjawab produk yang iklannya sangat "meracuni" pemikiran kita. padahal namanya minum ya air.Karena sesuatu disebut minuman karena unsur utamanya adalah air.

Anak saya sering cengar-cengir jika iklan sirup di televisi sudah sering tayang "sudah mau bulan puasa nih" ucapnya.

Lah..tuh bocah yang keseharian berteman dengan kotak ajaib menjadikan iklan itu dengan tolok ukur iklan sirup penanda sebenar lagi puasa. Eh.. iya, ternyata jingleiklannnya air mineral pun sejak  menyambut ramadan pun telah menyanyikan soal ramadan.

Ngomong-ngomong soalminuman dikala puasa, salah satu teman saya ada yang usil,ias angat tahu saya penggemar minuman manis.  Setiap bulan puasa di siang hari ia sengaja mengirimkan foto minuman segar.

Saya biasanya tidakkomen atau protes, biasa aja.Saya kan udah malu dengan anak saya,masa' cuma sekedar dikirim foto minuman saja saya sewot,seperti mereka yang sewot lihat foto-foto IG saya yang biasanya isinya makanan dan minuman."Gak bolehpamer kalau gakmau bagi"kalimat yang sering ditujukan kepada saya.

lah saya kan bingung,saya nggak pernah tuh minta dibagi  atau diberi perhiasan, koleksi tas,perhiasan,sampai koleksi wadah makanan plastik permium itu, serta  koleksi  mobil  mereka, apalagi suami mereka yang fotonya dipajang di intagram.

toh  saya belum baca aturannya apapun yang dipamerkan di sosial media itu boleh diminta atau dihaki.(lah..kok ngomel soal itu hi hi).Puasa-puasa kok ngomel,nanti berkurang loh pahalanya,ehmm...itu kan kalo saya ghibah dan fitnah. Saya kan cuma ngeluh soal isi DM.(Ehm... itu sama aja ya?).

Kembali ke minuman,apasih minuman favorit disaat ramadan. Membicarakan minuman di siang hari apalagi saat zuhur itu sangat menggiurkan,jangankan minuman manis dengan tampilan yang menggiurkan,melihat air di keran mengalir saat ambil wudhu sajakok kelihatanya nikmat betul ya.Apalagi kalo ada yang menaruh air dan es batu di gelas bening,membiarkan embunnya mengalir di luar gelas. Cegluk...serasa benar deh air dingin itu sangat nikmat.

Tapi santai, kita tinggal di Indonesia puasa tidak lebih dari 13,5 jam kok. Tahan aja toh akan ada masa balas dendam.( Eh..keceplosan,kok pakai diksi balas dendam sih.)

Apalagi jika jalan pulang jam 3 sore, dimana pasar dadakan dipinggir-pinggir jalan berjejer menawarkan minuman segar,apalagi sekarang sedang demem nih minuman kekinian seperti es kepal.

Sepertinya keberadaannya mulai dari outlet kecil (bahkan ada loh cuma meja kecil dengan spanduk kecil es kepal), baik di pinggir-pingir jalan sampai di dalam cafe (kadang bingung dengan tempat makanmenyebut cafe tapi punya menu premium aja nggak ada, he he jikapun ada juga gak bakal beli juga kok).

Sepertinya keberadaan es kepal mulai sedikit menggeser minuman kekinian dengan seperti bubble tea ala Taiwan hingga Thaitea,juga meredupkan fenomenal capcin (cappucino cincau),yang sempat membuat teman yang belajar bikin kopi ngomel-ngomel soal menu satu itu. salah dia sendiri buat cappucino aja rempong dengan berbagai alat berharga jutaan rupiah,padahalkan tinggal gunting dan kasih air panas (eh..itu aku ya penggemar kopi gunting,bukan kopi giling) juga sop buah yang mulai berkurang pedagangnya di Palembang.

Saya ini termasuk penggemar minuman manis, banyak minuman favorit saya yang mungkin menjadi pilihan buat takjil ramadan.Kebanyakan minuman zaman old, tapi kan tidak menjadi kalah kekinian juga

1. Es Kelapa Muda

fb-img-1527838674787-5b116f42dd0fa83f672804d4.jpg
fb-img-1527838674787-5b116f42dd0fa83f672804d4.jpg
Ini doyan banget,di Palembang bisa dicari di Simpang Dogan, Sako. Ada tempat khusus yang menjual, baik kelapa murni,ditambah gula,dicampur susu bahkan dogan bakar atau yang doyan diperasi jeruk limau (he he yang terakhir itu limaunya bawa sendiri).

Saya cukup suka, tetapi tidak terlalu doyan.Entah mengapa setiap minum air kelapa muda saat berbuka badan saya terasa lemas.Makanya saya sering diomeli jika ingin menambah gelas selanjutnya (dogannya tidak beli,tetapi dari pohon di sekitar rumah).

Saya tidak pernah mencari tahu apa yang menyebabkan,saya pikir itu terjadikarenasaya minumnya kebanyakan saja.Jadi,jika minum air kelapa muda saya pastikan setelah perut terisi dengan kapasitas secukupnya.

Variasi es kelapa yang sering saya rasakan di beberapa tenpat makan (saya tidak tahu apakah ini dapat diklasifikasikan kekinian juga) adalah es kelapa jeruk (dicampur jus jeruk),es kelapa mangga (dicampur jus mangga) dan tentu saja es kuluwut yang seger banget.

2.Es Puter

sumber :IG KartikaLestari.Kariono
sumber :IG KartikaLestari.Kariono
Di Palembang disebut es tungtung , karena penjualnya menjajakan dengan gong kecil. Saya sangat suka rasa lembut dan suka sekali dengan proses pembuatannya, santan dan gula dancampuran lain-laindiputar dengan wadah khusus yang diluarnya diberi es batu dan garam. Pembelajaran fisika bagus juga melihat proses pembuatan es puter ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3