Mohon tunggu...
Carolina
Carolina Mohon Tunggu... Karolina Eka Yulianti

So Much Goes On

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

3 Cara Tepat Mengatasi Serangan Hama Kelapa Sawit

13 Mei 2020   13:07 Diperbarui: 13 Mei 2020   14:45 15 0 0 Mohon Tunggu...

Hama menjadi salah satu momok bagi setiap petani, tidak hanya menyerang dan menyebabkan kematian yang tentunya menghambat perkembangan tanaman namun bisa menyebabkan gagal panen yang itu sangat merugikan.

Tentu hal itu dapat dicegah dengan melakukan cara tepat dan sesuai dalam mengendalikannya, hal ini berlaku untuk memberikan kualitas yang tepat dan sesuai. Hama yang menyerang tanaman kelapa sawit memang memiliki banyak sekali spesifikasi dan penanganan yang berbeda.

Beberapa hama kelapa sawit yang memang sangat merusak tanaman secara berlebihan, dengan pencegahan yang tepat dan sesuai tentu memilih cara penanggulangan yang sesuai untuk tanaman kelapa sawit.

Berikut ini jenis hama kelapa sawit yang menyerang bahkan membuat kematian yang merugikan para petani,

  • Ulat api
  • Tungau Merah
  • Kumbang Tanduk
  • Penggerek Tandan Buah
  • Nematoda
  • Ngegat
  • Ulat Kantong

Dan masih banyak lagi jenis hama kelapa sawit yang menyerang, beberapa panduan yang merangkum cara mengendalikan hama kelapa sawit. Hama kelapa sawit memiliki karakteristik yang  berbeda-beda dan tentunya harus disesuaikan perlakuannya.

Beberapa poin yang bisa menjadi alternative untuk menangani berbagai macam jenis hama kelapa sawit. Salah satunya berikut ini,

  • Memilih Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit sawit yang berkualitas tentu sangatlah berpengaruh dengan kualitas tumbuh tanaman kelapa sawit. Memilih bibit kelapa sawit menjadi salah satu hal dasar yang dilakukan untuk menunjang hasil yang maksimal.

Bibit sawit yang bagus tentu saja memiliki ketahanan terhadap penyakit dan hama sekalipun, berasal dari varietas yang bagus tentu akan menunjang pertumbuhan yang bagus.

  • Proses Perawatan

Perawatan yang bagus dan sesuai tentu akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang bagus dan sesuai, tentu hal itu berkaitan dengan kualitas hasil pertanian yang sesuai. Untuk itu dalam proses perawatan hal yang dibutuhkan tentu saja pemberian kadar nutrisi pupuk yang tepat.

Selain merawat tanaman secara tepat tentu hal itu mencegah tanaman sawit terkena berbagai macam penyakit  maupun serangan hama yang tentunya itu sangat tidak baik bahkan menyebabkan kematian tanaman.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penanganan dan pengendalian hama kelapa sawit bisa membaca panduan pengendalian hama kelapa sawit secara tepat

VIDEO PILIHAN