Mohon tunggu...
Karmila Mila
Karmila Mila Mohon Tunggu... Dosen - seorang ibu

dosen di universitas Muhammadiyah Luwuk

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tips Mengajarkan Anak Puasa Tanpa Candu Gadget

15 April 2022   17:14 Diperbarui: 15 April 2022   17:43 294 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

TIPS Mengajarkan Puasa Tanpa Candu Gadget

Zaman  dahulu para sahabat Rasulullah SAW ketika bulan ramadhan menghibur anak-anak yang berpuasa dengan mengajak bermain atau memberikan permainan sesuai yang mereka senangi sehingga mereka lupa lapar dan haus. dizaman sekarang perlakukan orang tua terhadap anaknya hampir sama yakni memberikan permainan yang mereka senangi agar mereka lupa untuk mengeluh minta makan atau minum. Namun yang berbeda adalah orang tua saat ini memberikan permainan yang justru berbahaya yakni HP. Berapa banyak anak-anak yang kecanduan gadget yang berdampak pada kerusakan mata, kehilangan sosialisasi dengan temannya dan bahkan ada yang mengalami gila.

Gadget memiliki nilai positif namun taksedikit nilai negatifnya apalagi jika pada anak-anak yang belum mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk untuk dirinya.

Terkadang orang tua dengan dalih rasa sayang tak bisa membedakan mana yang baik buat anak dan mana yang tidak yang terepenting anaknya nurut dan anteng serta tidak menggangu kesibukan orang tua.  

Beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anak nyaman meskipun dalam keaadaan berpuasa adalah :

  • Membuat kesepakatan dengan anak dengan memberikan waktu bermain gadget misalnya 10 menit saat dia mampu menahan puasanya (tidak berbuka)
  • Ajak anak untuk bermain bersama misalnya bercerita tentang kisah-kisah  heroik para pejuang keluarga meskipun sedikit mengarang tapi syarat makna
  • Sibukkan anak dengan kegiatan diluar rumah misalnya ajak anak jalan meskipun hanya sekitar kompleks.
  • Ajak teman anak untuk ngaji bersama dirumah
  • Biarkan anak bermain bersama temannya yang terpenting tetap dipantau.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan