Mohon tunggu...
Karmila Mila
Karmila Mila Mohon Tunggu... Dosen - seorang ibu

dosen di universitas Muhammadiyah Luwuk

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menanamkan Cinta Puasa pada Anak Sejak Dini

3 April 2022   09:52 Diperbarui: 3 April 2022   10:17 259 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Menanamkan Cinta Puasa pada Anak Sejak Dini"

Puasa adalah salah satu ibadah dalam rukun Islam. Bahkan tak sempurna keislaman seseorang jika tidak menjalankan ibadah puasa, lebih khusus dalam bulan Ramadan sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 183  yang artinya : "Hai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."  

Dalam ayat ini jelas tersurat bahwa syarat mutlak orang yang melaksanakan puasa adalah hanyalah orang-orang beriman kepada Allah SWT. Maka makna dari surat ini bisa dijadikan modal penanaman kecintaan anak dalam menjalankan puasa.

Salah satu hal yang bisa dilakukan orang tua dalam menanamkan rasa suka dan cinta anak terhadap puasa khususnya dalam bulan Ramadan adalah dengan menceritakan keunggulan bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain.

Ayoo kita ajak anak bercerita tentang keistimewaan bulan Ramadan :

  • Anakku bulan ramadan adalah buan diturunkannya Al-qur'an.

  • Sebagaimana firman Allah dalam Al-qur'an surah Al-Baqarah ayat 185 " Bulan Ramadan bulan yang didalamnya diturunkan Al-qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelsan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil..."

  • Dengan dipilihnya bulan Ramadan sebagai bulan yang diturunkannya Al-qur'an, maka jelas ada keistimewaan yang dikandung bulan ramadan

  • Anakku bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah sebab pada bulan ramadan dilipatgandakan segala amal kebaikan yang kita lakukan. sebagaimana dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah (Ramadan)..."

  • Anakku bulan ramadan pintu surga dibuka dan pintu neraka di tutup serta setan-setan dibelenggu. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim "Apabila Ramadan tiba pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup serta setanpun dibelenggu"

  • Artinya pintu surga dibuka sebab pada bulan ramadan banyak kebaikan-kebaikan yang bisa dilakukan oleh orang-orang beriman seperti halnya memberikan makanan buka puasa kepada orang lain. sedangkan pintu neraka ditutup karena pada bulan ini orang-orang beriman sibuk melakukan kebaikan sehingga lupa melakukan dosa. 

  • Dan terkait dengan setan dibelenggu bahwa karena orang beriman sibuk melakukan kebaikan maka setan tak memiliki kesempatan untuk menggoda orang-orang beriman dalam melakukan kesalahan dan dosa. Allah swt sangat menjaga orang-orang yang melakukan puasa dengan penuh keikhlasan. 

Dengan mengajak anak-anak berdiskusi tentang keutaman puasa maka insya Allah anak akan semakin cinta dan ikhlas dalam menjalankan puasa.

Allahualam semoga bermanfat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan