Mohon tunggu...
Karmani Soekarto
Karmani Soekarto Mohon Tunggu... Novelis - Data Pribadi

1. Universitas Brawijaya, Malang 2. School of Mnt Labora, Jakarta 3. VICO INDONESIA 1978~2001 4. Semberani Persada Oil 2005~2009

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Mengenali Penyakit Herpes

13 Maret 2018   16:38 Diperbarui: 13 Maret 2018   18:39 450
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Sudah setahun Mengenali Penyakit Herpes aku tulis tetapi rasanya bagaikan angin lalu, artinya ternyata banyak orang yang tidak atau belum mengerti kalau yang mendera sakit pada bagian tubuhnya adalah Herpes.

Aku katakan demikian beberapa hari lalu aku melihat seseorang yang menggunggah gambar tangan yg berasa sakit dan  gatal di sertai bercak nanah seperti cacar air, juga adik iparku yang sudah 6 bulan sembuh tetapi jaringan bawah kulit terasa sakit. Adik ipar tidak memgetahui bagaimana Herpes sudah sembuh total tetapi masih terasa sakit.Unggahan di FB dari seseorang tersebut aku katakan kalau itu adalah Herpes dan aku anjurkan utk membeli salep Acyclovir 5% dan Tablet yang bernama Acyclovir juga, namun aku sarankan segera ke Pukesmas yang terdekat. Sementara nasehat kepada adik iparku yang jarang sekali datang kerumah krn kesibukannya bekerja pada Kantor Akuntan Publik aku sarankan agar aktive berolah raga ringan seperti jalan kaki utk melawan rasa sakit syaraf bawah kulit setelah sembuh dari Herpes.


Belum lagi beberspa bulan lalu teman pensiun sekantor mengatakan istrinya sakit dengan tanda gatal dan bercak nanah aku katakan itu Herpes agar segera ke dokter. Ternyata benar Herpes dan sdh terlanjur menebus obat sebesar Rp.1,8Jt, padahal sdh kukirimkan gambar salep dan tablet Acyclovir, dan sudah aku katakan kalau aku hanya menghabiskan biaya Rp.90,000 ke RSUD dekat rumah dalam 3x kunjungan termasuk obat. Sayang info yg kuberikan bersimpang jalan dg isterinya saat ke dokter.
Mungkin anda bertanya bagaimana aku bisa tahu padahal aku bukan seorang dokter atau para medis.


Aku mengalami sendiri tahun lalu walau terlambat mengetahui sampai 10 hari, aku terlambat berobat ke RSUD, sampai2 dokter mengatakan aku hebat mampu menahan Herpes spi 10 hari, karena tanda herpes ada di bawah tulang selangka jadi tak kasat di mataku, bahkan isteriku sendiri mengira aku masuk angin kemudian dikeriki layaknya orang masuk angin. Kerikan langsung aku hentikan mana kala terkena bagian yg bercak nanah ya ampun sakitnya bukan main. Padahal aku sdh tak pernah kerikan lagi setelah olah raga jalan di tetik matahari siang, dari Juni 2014 sampai saat ini kuhitung sdh 6 kali kerikan karena salah menafsirkan, lagi pula isteri sangat hobby ngeriki, kalau tak berbalur merah2 tidak dihentikan.


Betapa sakitnya herpes sampai meneteskan air mata menahan sakit dan setelah sembuh syaraf bawah kulit rasa sakit, aku dianjurkan konsultasi ke dokter syaraf tetapi dokter juga menganjurkan aku olah raga ringan. Karena olah raga jalan kaki adalah kegemaranku maka aku memilih olah raga saja sehingga dalam seminggu Herpes teratasi dalam arti sembuh. Sedangkan herpes di sertai rasa gatal mendera sang isteti sebelum aku terjangkit herpes jadi semua kudapat dari pengalaman hidup.


Untuk itu tidak ada salahnya bila Mengenal Penyakit Herpes aku unggah lagi agar anda mengenali dan segera mendapatkan pertolongan pertama, karena Herpes menular. Pada dasarnya semua orang akan dapat terserang Herpes, untuk itu anda aku sarankan klik disini.


Dan pesanku jangan abaikan Pukesmas yang sudah banyak pengalaman menangani penyakit Herpes.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun