Mohon tunggu...
Karya Inovasi (Karinov)
Karya Inovasi (Karinov) Mohon Tunggu... Indonesia

Website WordPress Specialist Menulis hal yang bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Beberapa Alasan di Balik Menjamurnya Jasa Ekspedisi di Indonesia

28 Desember 2020   14:58 Diperbarui: 28 Desember 2020   20:29 278 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Alasan di Balik Menjamurnya Jasa Ekspedisi di Indonesia
perkembangan bisnis ekspedisi di indonesia (credit: depositphotos)

Pernahkah Anda menyadari bahwa semakin kesini jasa pengiriman (ekspedisi) semakin menjamur di Indonesia? Jika Anda bukan pecinta belanja online mungkin belum terlalu menyadarinya. Namun jika Anda sering berbelanja online, mungkin akan sangat paham tentang berbagai ekspedisi yang ada.

Alasan Mengapa Jasa Ekspedisi Semakin Banyak

Peran jasa ekspedisi bisa dikatakan sangat penting di tengah era industri 4.0 saat ini. Kecanggihan teknologi serta kemudahan transaksi menjadi faktor utama. Lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa alasan berikut ini:

Perkembangan Pasar

Mendengar kata pasar mungkin Anda akan terbayang pasar tradisional yang menjual sayuran bukan? Padahal, saat ini pasar tidak hanya sebatas pasar tradisional saja. Sebut saja pasar online, meski terdengar aneh namun memang ini kenyataan yang sedang terjadi di Indonesia.

Saat ini semakin banyak pasar online yang tersedia, atau istilah kerennya e-commerce. Contoh e-commerce misalnya, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan masih banyak lainnya. Semua pasar tersebut hadir dengan inovasi teknologi yang tidak main-main lagi.

Kemudahan Berbelanja

Dulu, belanja mungkin adalah aktivitas yang cukup melelahkan. Misalnya, jika Anda belanja di mall, maka Anda harus jalan-jalan, memilih produk, antri di kasir, belum lagi ditambah perjalanan pulang ke rumah. Semua mungkin tidak selesai hanya dalam waktu sehari saja.

Namun kini, Anda bisa berbelanja dengan hanya "seujung jari". Berbelanja bisa dilakukan dengan duduk santai, rebahan, kapanpun dan dimanapun. Kemudian Anda cukup bayar ongkos kirim paket, tunggu kedatangan kurir, dan paket sudah ada di tangan Anda.

Spesialisasi E-Commerce

Semakin mudah transaksi, tentu minat konsumen dalam berbelanja juga semakin tinggi. Maka dari itu, pasar online atau e-commerce juga harus bisa mengimbanginya. Mereka harus bisa menyediakan layanan ekspedisi yang banyak dan berkualitas.

Selain itu, mereka juga harus memiliki spesialisasi khusus. Tujuannya adalah agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya, e-commerce A menyediakan layanan COD, e-commerce B menyediakan layanan pengiriman One Day Service (pengiriman dalam 1 hari), dan lain sebagainya.

Persaingan Ketat Para Pengusaha Online

pengusaha kecil bisnis online (credit: Karinov Photos)
pengusaha kecil bisnis online (credit: Karinov Photos)

Alasan terakhir yakni, semakin banyaknya e-commerce dan toko online, maka persaingan jelas semakin ketat. Masing-masing berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai kebutuhan konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN