Mohon tunggu...
Karina br malau
Karina br malau Mohon Tunggu... Konsultan - fakultas kesehatan masyarakat

penerima Beasiswa Sarjana Muamalat

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

New Normal: Tips Bekerja Saat Pandemi Covid-19

7 Agustus 2020   11:05 Diperbarui: 7 Agustus 2020   11:01 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Keselamatan dan kesehatan kerja adalah  suatu kondisi dalam bekerja sehat secara jasmani, rohani, dan spiritual, keselamatan dan kesehatan perkerja dalam suatu tempat kerja atau perusahaan saat berpengaruh dalam produktivitas suatu perusahaan . 

Dalam Undang-undang N0.1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja di UU ini mengatur jelas tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja. Apalagi saat masa pandemik yang tidak tau kapan berakhirnya , suatu perusahaan bekerja ekstra saat masa sekarang ini. Dimana apabila seseorang tertular dari dalam pekerjaanya maka akan merugikan suatu perusahaan.

Kata new normal sudah menjadi bumming dalam masyarakat tak kalah dengan suatu aktivitas manusia mulai bermunculan kembali. Walaupun sudah dikatakan new normal bukan berarti kita sudah bebas dari namanya corona. Apalagi dengan suatu perusahan yang memperkerjakan 100an karyawan.

Maka dari itu ada tips cara menjaga diri di masa pandemic ini ;

Pertama harus adanya kebijakan dari pimpinan perusahaan untuk menerapkan protocol kesehatan di perusahaan

Kedua, selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor, hal ini saatnya lah penting saat di bekerja ini merupakan pencegahan dari covid-19. Pastikan memakai masker degan baik dan benar, jangan lah memegang masker dengan tangan kotor atau belum mencuci tangan terlebih dahulu. Dan pastikan membawah masker cadangan didalam tas

Ketiga, memastikan daerah meja kerja dalam kondisi bersih, budayakan mulai sekarang setiap datang ke kantor haruslah membersikan terlebih dahulu meja dan alat-alat kantor lainnya dengan cairan pembunuh kuman.

Keempat, menerapkan jaga jarak minimal 1 meter, penerapakan ini juga sangat penting dalam pencegahan penyebaran covid-19di kantor. Pasalnya apabila seseorang terinfeksi virus corona bisa saja tampak sehat atau tanpa gejala (OTG) alangkah baiknya untuk menghindari kontak langsung dengan karyawan lainnya.

Kelima, menjaga etika bersin dan batuk, saat bersin dan batuk sebaiknya menutup mulut dengan siku bagian dalam atau dengan tisu, cara ini dapat melindungi diri dari virus, seperti flu, pilek. Atau virus corona

Keenam, jangan pergi apabila sakit, saat sesorang sakit daya tahan tubuh mereka sangat rentang terkena virus yang ada disekitarnya, ia menjadi rentan tertular virus tersebut. Sebaiknya harus memulihkan tubuh sampai benar-benar sehat.

Ketujuh, menerapkan asupan makanan yang bergizi, di masa-masa kini kita tidak tau rentan tubuh kita sampai mana, maka untuk meningkatkan produktifitas dan menjaga imunitas kita haruslah menerapkan makanan yang bergizi dan seimbang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun