Mohon tunggu...
Karin Kusumaningrum
Karin Kusumaningrum Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

be yourself and try the best version of you.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Target Marketing Usaha Semakin Mudah dan Meningkat dengan Social Media

25 Januari 2021   18:48 Diperbarui: 25 Januari 2021   18:52 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Karin Kusumaningrum,, on Jan 25, 2021 at 4:32 p.m

Sosial Media saat ini sudah menjadi hal yang banyak digunakan masyarakat luas. Apalagi di Indonesia ini yang merupakan negara berkembang yang sangat membutuhkan sosial media untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber dan dari berbagai mancanegara. Bahkan banyak kegiatan yang bisa dilakukan melalui social media, seperti berdagang atau memprosmosikan usaha. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia yang rata-rata bermata pencaharian sebagai Pedagang atau Wirausaha mempunyai kesempatan besar dalam memanfaatkan Social Media untuk mempermudah marketing dan penjualan nya.  

Menurut Sensus penduduk 2018 terakhir, kurang lebih penduduk Indonesia memiliki 24 juta mempunyai mata pencaharian sebagai pedagang atau wira usaha. Karena Pedagan atau wirausaha mempunyai urutan kedua setelah Pertanian, Kehutanan dan Perikanan.

Apalagi saat ini generasi milenial juga sudah mulai berinisiatif membuka usaha kecil kecilan, Seperti online shop, caf bar, coffee shop, clothingan seperti distro, dan sebagiannya. Bukan hal yang asing untuk kaum remaja saat ini atau biasa disebut degan generasi milenial ini untuk bersahabat dengan media social untuk memanfaatkan keuntungan marketing dan menaikan target pasarannya.

Kesempatan mendapatkan keuntungan lebih besar ini pun sangat dimanfaatkan oleh pengusaha pengusaha kecil hingga besar. Mereka menggunakan platform Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok, Youtube da. Contohnya salah satu pengusaha online yang menggunakan platform Instagram dan tiktok untuk mempromosikan product atau dagangan nya melalui artis artis Instagram atau Tiktok untuk mempromosikan nya karena mendapat perhatian banyak dari para fans selebgram atau selebtiktok yang terpengaruhi oleh endorsement nya. Atau sistem ini biasa disebut dengan kata Endorse. Begitu pun dengan Twitter dan Facebook yang menawarkan berupa iklan atau ads dari pihak facebook dan twitter. Namun bisa juga semua media social tersebut menjadi salah satu ajang mempromosikan dari teman ke teman atau dari pribadi ke public.

Kesempatan besar itulah yang sangat dimanfaatkan oleh pengusaha pengusaha besar ataupun kecil dalam pemanfaatan media social untuk target marketing mereka. Apalagi seiring perkembangan zaman dan semakin banyak yang menggunakan media social sebagai hiburan utama dalam hidup sekaligus untuk tempat mencari keuntungan berupa informasi, usaha, pendidikan bahkan hingga berita seluruh dunia dapat kita ketahui melalui media social. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, dari social media ini, Banyak product dari luar negeri yang menargetkan masyarakat Indonesia untuk membeli product nya seperti brand brand makeup import yang diendorse oleh artis artis besar.

Begitulah benefit besar untuk pengusaha pengusaha yang ingin mencapai keuntungan banyak dari media social. Apalagi saat ini dari muda hingga tua pun sudah menggunakan media social dengan akun sendiri atau istilahnya pun orang tua gaul. Kesempatan semakin luas untuk pengusaha pengusaha yang telah mempromosikan product nya dan menargetkan pasaran untuk semua umur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun