Mohon tunggu...
Cuham Beib
Cuham Beib Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pernah Penyintas Kerjaannya Menulis (PPKM) . Silahkan berkenan mampir dimari : https://anyflip.com/homepage/icurr/

Penulis amatiran. Penikmat sepeda. Aktivasi sering di forum/komunitas dan kegiatan kerelawan/surveyor lingkungan, sosial, kesehatan, dan transportasi. Kontributor tulisan di media-media berbasis online.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

3 Menit untuk Indonesia

18 Agustus 2021   16:56 Diperbarui: 18 Agustus 2021   19:48 150 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
3 Menit untuk Indonesia
Petugas, Aparat, & Masyarakat larut dalam khidmat Penghormatan Bendera Merah Putih di Persimpangan Jalan. Foto : SS Vidio 3MUI

TAHU kan apa itu ATCS? Sedikit reminde, Area Traffic System Control (ATCS) adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. Hampis setiap kota atau daerah di Indonesia memiliki sistem ini, salah satunya ATCS Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Sejak awal kehadirannya, ATCS Bandung selalu memiliki ide-ide kreatif dalam melakukan himbauan atau edukasi lalu lintas kepada para pengguna jalan. Beberapa video kreatifnya sempat viral meski pun tak semua masyarakat khususnya publik netizen menyukai langkah-langkah kreatif tersebut. Beragam tanggapan pun bermunculan baik positif maupun negatif.

Foto : Screen Shoot Vidio 3 Menit Untuk Indonesia , ATCS Dishub Kta Bandung
Foto : Screen Shoot Vidio 3 Menit Untuk Indonesia , ATCS Dishub Kta Bandung

Satu lagi aksi kreatif yang diinisiasi oleh ATCS Dinas Perhubungan Kota Bandung  dalam moment peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu gerakan spirit nasionalisme bertajuk "3 Menit Untuk Indonesia" pada hari Selasa, 17 Agustus 2021. Merupakan kali kedua dilakukan sejak tahun 2020 saat masa pandemi.

Aksinya berupa penghormatan kepada Sang Saka Bendera Merah Putih dan jasa-jasa para pahlawan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya tepat pada pukul 10.17 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB) dengan mengajak para pengguna jalan dan masyarakat sekitar di beberapa persimpangan jalan di Kota Bandung seperti persimpangan Jalan Cihampelas -- Jalan Pasteur, Jalan Aceh -- Jalan Merdeka, dan Simpang Lima untuk menghentikan berbagai aktivitasnya dan melakukan sikap sempurna.

Foto : Screen Shoot Vidio 3 Menit Untuk Indonesia , ATCS Dishub KOta Bandung
Foto : Screen Shoot Vidio 3 Menit Untuk Indonesia , ATCS Dishub KOta Bandung

Menurut Robby Habibie, salah satu petugas ATCS Dishub Kota Bandung, bahwa aksi tersebut dilakukan sesuai anjuran presiden, warga masyarakat indonesia diimbau untuk memposisikan tubuhnya sikap sempurna hormat bendera saat bendera mulai digerek dan lagu kebangsaan diputar di istana negara.

Lebih lanjut Robby menuturkan dengan diadakannya kegiata tersebut  berharap bisa lebih menumbuhkan rasa kebangsaan seluruh masyarakat Indonesia menuju Indonesia Bangkit dan tumbuh jadi negara maju serta masyarakatnya yang sejahtera.

Setelah video kegiatan tersebut ditayangkan di akun IG Atcs Kota Bandung banyak masyarakat yang menilai aksi tersebut membuat terharu bahkan merinding terlebih saat melihat para petugas, aparat dan masyakat mulai dari pengendara, pesepeda, ibu-ibu hingga anak-anak bersama-sama bersikap sempurna, berdiri tegak dan penuh hidmat dengan tetap menggunakan masker.

Foto : Screen Shoot Vidio 3 Menit Untuk Indonesia , ATCS Dishub KOta Bandung
Foto : Screen Shoot Vidio 3 Menit Untuk Indonesia , ATCS Dishub KOta Bandung
Beragam komentar dari masyarakat pun berhamburan, dan rata -- rata menyampaikan rasa haru dan bangga dengan kegiatan tersebut serta semua yang terlibat baik yang direncanakan maupun masyarakat yang spontan mengikutinya sebagai pembuktian bahwa rasa nasionalisme mereka tetap tinggi ditengah pesimistis terhadap prilaku dan kinerja sebagian pengelola negeri ini. 

Beberapa juga menyampaikan harapan mereka semoga kebanggaan masyarakat akan Indonesia diikuti juga oleh sikap dan prilaku baik dari para pemangku Negeri ini. Sebagian lagi juga berharap gerakan 3 Menit Untuk Indonesia bisa menjadi momentum untuk menjadikan Kita dan bangsa ini menjadi lebih baik ke depannya, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan