Dede Tatang
Dede Tatang Tulisan dari Desa untuk Indonesia

Tulisan Anak Desa Untuk Negeri Tercinta Me Visit us : www.inspirasidttg.com

Selanjutnya

Tutup

Hijau Artikel Utama

Warga Brebes Keliling Dunia Berkat Limbah Kerang dan Kepiting

7 Oktober 2017   06:35 Diperbarui: 7 Oktober 2017   08:37 5458 3 1
Warga Brebes Keliling Dunia Berkat Limbah Kerang dan Kepiting
Dokumentasi Pribadi

Limbah yang biasanya dibuang begitu saja , dan tak jarang menyebabkan pencemaran lingkungan justru membawa untung besar jika mampu mengelolanya dengan baik. Salah satunya adalah Sugiro (36) Warga Tanjung Kabupaten Brebes, dirinya mampu menjadikan limbah kerang dan kepiting menjadi suatu produk unggulan.

Owner Sugi Kreatif sebuah otlet kerajinan kerang dan kepiting di Pasar Seni Jaya Ancol, memulai usahanya sejak 1999. Pemilik beberapa hak paten tersebut kini membuka gerai di Pandansari, Kaliwingi Brebes.

"Saya ingin berbagi ilmu dan berdedikasi pada tanah kelahiran membuat saya kembali ke Brebes. Menebarkan ilmu dan member pelatihan pemanfaatan limbah kerang," katanya.

Dirinya selama ini sudah keliling Indonesia bahkan luar negeri, tetapi membawa nama daerah lain. Bahkan sampai saat ini pemerintah Belanda terus menunggu jawaban Sugiro untuk menjadi warga Negara Belanda.

"Kalau hanya memikirkan ego dan materi pasti saya sudah ambil kesempatan langka ini. Semua sudah terjamin, namun kecintaan pada Indonesia dan Brebes membuat saya menolak kesempatan baik ini," terangnya.

Dia sering mengundang masyarakat, pelajar maupun kelompok untuk ikut belajar memanfaatkan limbah kerang. Mereka bisa datang ke Shoowroomnya di Joglo Mangrove pandansari atau bahkan Sugiro sendiri yang mendatangi sekolah-sekolah untuk memberikan ilmu dan pelatihan. Setiap bulannya Sugiro pulang ke Brebes dan mengambil seminggu untuk mengajarkan kerajinan kerang dan kepiting.

"Tidak perlu banyak orang, sedikitpun tak jadi masalah yang penting serius dan punya komitmen. Rasanya miris selalu membela daerah lain, padahal daerah sendiri punya potensi dan bahan baku yang berlimpah," pungkasnya.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Prestasi dan niat baik Sugiro untuk daerah kelahirannyapun disambut baik oleh Mashadi (48) tokoh masyrakat Pandansari, Kaliwing sekaligus Pengelola Mangrovesari ini untuk membuka gerai Sugi Kreatif di tempatnya.

"Semangat dan pola piker yang dimiliki Sugiro sangat sejalan dengan misi kami. Dimana dia bisa mengisi konten wisata kami dengan bentuk souvenir atau cinderamata," katanya.

Menurutnya Wisata Mangrove Pandansari Brebes adalah wisata pesisir dimana kekayaan laut sangat berlimpah. Yang dibutuhkan Sugiro adalah limbah hasil laut seperti kerang, kepiting, atau hasil laut lainnya.

"Hasil kreasi yang dihasilkan Sugiro tentu bisa mengurangi limbah atau sampah yang menjadi problem sendiri bagi kami. Dengan melibatkan siswa untuk belajar kerajinan kerang tentu ini bisa menjadi wisata edukasi bagi sekolah-sekolah yang ada di Brebes," pungkasnya.