Mohon tunggu...
Kanya SepasthikaRamadhani
Kanya SepasthikaRamadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate International Relations Student at Diponegoro University

Mahasiswa Tim II KKN UNDIP periode 2020-2021 berlokasi di Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Peran WHO dalam Menangani Covid-19 kepada Masyarakat

9 Agustus 2021   21:12 Diperbarui: 9 Agustus 2021   21:25 19 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Peran WHO dalam Menangani Covid-19 kepada Masyarakat
Informasi yang diberikan pada booklet/dokpri

Sleman (30/07)-Virus Covid-19 yang telah melanda dunia selama 2 tahun belakangan ini, telah ditetapkan sebagai pandemi global oleh World Health Organization (WHO) pada tanggal 11 Maret 2020. Dengan ditetapkannya Covid-19 sebagai sebuah pandemi, hal ini menandakan bahwa virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok pada penghujung tahun 2019 tersebut sudah bukan lagi menjadi permasalahan nasional suatu negara tertentu, melainkan sudah menjadi permasalahan global.

Untuk menangani permasalahan global, dibutuhkan juga solusi global. Dimana pada kasus kesehatan internasional seperti ini, World Health Organization (WHO) muncul sebagai aktor internasional yang membantu memanajemen kerjasama internasional antar negara dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19. Sejak didirikannya World Health Organization (WHO) pada 7 April 1948, WHO turut berperan aktif dalam isu kesehatan internasional, seperti memberikan pelatihan, edukasi,  meningkatkan akses ke obat-obatan, serta berbagai produk kesehatan lainnya.

Meski penyebaran virus Covid-19 sudah menjadi permasalahan kesehatan internasional, nyatanya masih banyak masyarakat di Indonesia yang tidak mempercayai adanya virus Covid-19 dan belum memahami bagaimana tindakan  pencegahan dan penanganan covid-19 itu sendiri. 

Oleh karena itu, Mahasiswa Tim II KKN UNDIP periode 2021 memutuskan untuk terjun langsung ke lapangan dan memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar Kelurahan Sariharjo, Ngaglik, Seleman mengenai tindak pencegahan dan penanganan Covid-19 sesuai dengan standarisasi WHO. 

Edukasi dilakukan secara door to door dengan pemberian masker secara gratis dan memberikan booklet berisi berbagai informasi mengenai jenis varian Covid-19 yang terbaru, cara penularan Covid-19, gejala-gejala Covid-19, pentingnya vaksinasi, hingga cara proteksi diri selama pandemi.

Dalam meminimalisir penyebaran virus Covid-19 World Health Organization (WHO) terus menerbitkan informasi dan data-data penting yang dibutuhkan masyarakat, dan terus memberikan anjuran terbaik dalam menghadapi era pandemi seperti saat ini. 

Dengan program pembagian masker serta booklet kepada masyarakat sebagai media edukasi penanganan dan pencegahan COVID-19 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya Covid-19, pentingnya penerapan protokol kesehatan,  menyadarkan masyarakat bahwa protokol kesehatan tersebut tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, namun juga seluruh dunia.

Edukasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sesuai Standarisasi WHO /dokpri
Edukasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Sesuai Standarisasi WHO /dokpri

Salah satu masyarakat di kelurahan Sariharjo mengakui bahwa beliau baru menyadari betapa pentingnya vaksinasi terutama bagi lansia berusia 60 tahun keatas. Beliau mengaku akan segera melakukan vaksinasi dan lebih ketat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Penulis: Kanya Sepasthika Ramadhani

Editor: Abdi Sukmono, ST., MT

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan