Digital Pilihan

5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran

12 September 2018   16:40 Diperbarui: 12 September 2018   17:07 278 0 0
5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran
5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran

Beberapa tahun terakhir, pemesanan makanan secara online memang semakin disukai oleh konsumen. Selain lebih cepat dan praktis, pemesanan online juga dianggap lebih nyaman, karena menawarkan pilihan bagi konsumen untuk menelusuri menu, ulasan makanan, dan lain-lain. Beberapa restoran bahkan tidak memiliki gerai yang mengizinkan pelanggan untuk menyantap makanan atau minuman langsung di tempat, sehingga mereka harus memesannya lewat telepon, aplikasi, atau situs web. 

Tetapi, apakah konsumen benar-benar sudah malas pergi ke restoran atau kafe? 

Ternyata pada kenyataannya konsumen masih tetap suka menyantap hidangan di restoran dan kafe. Anda bahkan bisa melihatnya sendiri ketika Anda berada di mall. Ini artinya, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak meningkatkan pengalaman pelanggan di gerai makanan dan minuman Anda.

5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran
5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran
Salah satu yang saat ini menjadi trend di kalangan pemilik bisnis restoran adalah menggabungkan pengalaman digital dengan offline melalui aplikasi E-Menu. Konsumen, terutama milenial, tidak dapat dipisahkan dari teknologi sehingga mereka tetap ingin berinteraksi dengan teknologi ketika mereka berada di restoran Anda. Inilah mengapa banyak pemilik restoran yang sudah mulai mengimplementasikan aplikasi menu digital ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari aplikasi E-Menu:

1. Memberikan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Pelanggan tidak hanya datang ke restoran Anda untuk menikmati hidangan yang Anda sajikan, tetapi juga mengharapkan pengalaman makan di restoran yang tidak terlupakan.

Di era digital seperti saat ini, orang-orang tidak dapat dijauhkan dari teknologi, maka berinvestasi pada aplikasi menu digital adalah salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan pelanggan Anda saat ini sekaligus menambah pelanggan baru.

Aplikasi E-Menu memberikan pengalaman pelanggan yang unik dan menyenangkan kepada tamu restoran Anda melalui tampilan menu yang menarik serta kemudahan dalam menambah atau menghapus pesanan, memanggil pramusaji, dan menemukan pilihan menu spesial di restoran Anda.

2. Mempermudah Proses Pemesanan

Pramusaji Anda hanya perlu memberikan tablet kepada tamu dan membiarkan mereka untuk memesan sendiri. Tamu dapat melihat menu of the day, menu favorit pilihan pelanggan, atau menu yang direkomendasikan oleh koki.

5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran
5 Manfaat Utama dari Penggunaan Aplikasi E-Menu untuk Restoran
Tamu restoran Anda juga dapat menambah atau menghapus berbagai item dalam pesanan mereka dan melakukan pemesanan hanya dalam hitungan detik. Ini artinya, Anda dapat mengurangi waktu tunggu secara signifikan, sehingga meningkatkan kepuasan tamu restoran Anda.

3. Mempermudah Pembaruan Menu & Harga

Anda tidak perlu lagi mengganti buku menu Anda yang lama dengan yang baru setiap kali ada perubahan pada item atau harga menu Anda. Coretan atau tempelan label juga membuat buku menu Anda tidak enak dilihat.

Dengan menggunakan aplikasi E-Menu, Anda dapat melakukan update pada menu Anda hanya dalam beberapa detik dan Anda bisa melakukannya kapan pun dan di mana saja. Artinya, Anda tidak perlu secara fisik berada di restoran hanya untuk melakukannya.

4. Meningkatkan Penjualan dengan Cross Selling

Aplikasi E-Menu membantu Anda meningkatkan penjualan Anda dengan mempromosikan berbagai item makanan dan minuman Anda pada tamu restoran Anda. Berbagai pilihan makanan dan minuman yang tadinya kurang populer atau jarang dipesan oleh tamu dapat menjadi menu favorit baru dengan cepat.

5. Meningkatkan Daya Saing Restoran Anda

Persaingan dalam industri makanan dan minuman semakin ketat. Restoran atau kafe Anda harus dapat memiliki nilai lebih untuk bisa bertahan dan memenangkan persaingan. Jika kompetitor Anda sudah berinvestasi pada teknologi untuk mengotomatiskan restoran mereka, maka Anda pun juga harus.

Implementasi E-Menu dapat memodernisasi restoran Anda dan menjadikannya lebih up to date dibandingkan yang lain. Tamu yang pernah merasakan pengalaman unik di restoran Anda akan sangat mungkin memberikan komentar yang baik mengenai restoran Anda baik secara online maupun offline sehingga meningkatkan rating restoran Anda.