Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

5 Sistem POS Terbaik untuk Bisnis Retail di Indonesia

27 Juni 2018   12:35 Diperbarui: 27 Juni 2018   12:47 26258 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Sistem POS Terbaik untuk Bisnis Retail di Indonesia
5 Sistem POS Terbaik untuk Bisnis Retail di Indonesia (Sumber gambar: /www.theregister.co.uk)

Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis retail Anda, Anda semestinya sudah mengimplementasikan sistem POS (Point of Sale) demi peningkatan efisiensi bisnis Anda. Sistem POS berfungsi untuk memudahkan pekerjaan layanan kasir Anda. Sistem POS yang baik tidak hanya memudahkan transaksi, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengelola eCommerce, mengatur stok barang, membuat laporan penjualan, serta menangani seluruh cabang bisnis Anda dari mana saja dan kapan saja. 

Di Indonesia sendiri, sistem POS sudah semakin populer di kalangan bisnis retail baik yang berukuran besar maupun yang kecil. Berikut ini adalah lima sistem POS terbaik untuk bisnis retail di Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk Anda.

Soltius

Soltius merupakan salah satu partner SAP di Indonesia. Kini SAP tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga perusahaan-perusahaan berskala kecil dan menengah. Soltius menawarkan sistem POS untuk bisnis retail  yang terintegrasi dengan laporan penjualan dan manajemen merchandise. Sistem POS mereka juga menawarkan kemudahan bagi retailer untuk mengelola eCommerce mereka.

HashMicro

Meskipun terbilang baru di Indonesia, namun HashMicro sudah cukup lama berpengalaman dalam menyediakan rangkaian solusi otomatis untuk  berbagai bisnis dari berbagai skala di Singapura. Berbeda dengan Soltius, HashMicro mengembangkan software nya sendiri, termasuk juga sistem POS nya. 

Sistem POS dari HashMicro yang bernama EQUIP ini kompatibel dengan berbagai operating system dan dapat diintegrasikan dengan barcode scanner dan sistem lainnya, seperti sistem manajemen inventaris, sistem akuntansi, dan lain-lain. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh sistem POS EQUIP adalah jumlah penggunanya yang tak terbatas sehingga sistem ini dapat digunakan oleh berapa pun pengguna di setiap cabang bisnis tanpa biaya tambahan.

MOKA

MOKA menawarkan sistem aplikasi kasir yang ramah pengguna dan mudah diimplementasikan. Sama seperti sistem POS lainnya, MOKA memudahkan penggunanya untuk mengelola banyak pesanan dalam satu waktu, mengirim struk via SMS atau email, mengelola pembayaran, dan lain-lain. Pengguna bisa menambahkan beberapa fitur tambahan yang tersedia, seperti table management, ingredient inventory,  CRM, dan employee slot.

Pawoon

Sistem POS Pawoon cocok untuk digunakan oleh bisnis retail berskala kecil dan menengah. Sama seperti sistem POS lainnya dalam daftar ini, sistem POS Pawoon memberikan kemudahan untuk pemilik bisnis retail dalam mengelola seluruh cabang bisnisnya. Sistem tersebut juga memungkinkan pembuatan laporan dan pengelolaan stok secara real-time. Pawoon juga menyediakan perangkat keras tambahan bagi mereka yang belum memiliki mesin kasir sendiri.

Olsera

Sama seperti EQUIP, Olsera juga menyediakan sistem POS yang kompatibel dengan Android dan iOS. Sistem POS Olsera mudah digunakan untuk pemilik bisnis online maupun toko fisik. Fitur-fitur yang dimiliki oleh sistem POS ini juga sama seperti fitur-fitur yang dimiliki oleh keempat sistem POS lain dalam daftar ini. Olsera menawarkan pilihan harga yang berbeda untuk mereka yang menjalani bisnis online, bisnis retail dengan toko fisik, dan mereka yang menjalani keduanya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x