Mohon tunggu...
Kanya Anindita
Kanya Anindita Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

I write a lot of topics including business, lifestyle & travel

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan untuk Pebisnis Pemula

18 Mei 2018   16:06 Diperbarui: 25 Juni 2018   09:53 890
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: www.kampoenginggrispare.com

Sebagai pemilik bisnis, meningkatkan penjualan pasti selalu ada dalam daftar tujuan bisnis Anda. Tentu saja Anda mengharapkan adanya peningkatan penjualan setiap periode tertentu, misalnya mingguan atau bulanan. Peningkatan penjualan sangat penting untuk menunjang kelangsungan bisnis Anda, sebab hasil penjualan yang Anda peroleh juga harus disisihkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti sewa gedung, gaji karyawan, produksi barang, pengadaan fasilitas kantor, dan lain-lain.

Meskipun meningkatnya atau menurunnya penjualan bisa juga dipengaruhi oleh daya beli masyarakat dan keadaan perekonomian saat ini, namun Anda tidak boleh pasrah. Dengan strategi bisnis yang tepat dan dilakukan dengan giat, pasti Anda mampu meningkatkan penjualan Anda dari waktu ke waktu. Simak dahulu lima strategi meningkatkan penjualan untuk pebisnis pemula berikut ini.

1. Kenali & Perluas Target Bisnis

Pastikan Anda sudah mengenali target bisnis Anda dengan baik.Yakinkan diri Anda apakah Anda sudah memasarkan produk atau jasa Anda kepada orang-orang yang benar-benar berpotensi menjadi pelanggan Anda. Kalau perlu, buatlah buyer persona, yakni gambaran ideal yang mewakili karakteristik pelanggan Anda. Perkirakan apa kira-kira pekerjaan mereka, berapa usia mereka, kebutuhan mereka, minat mereka, dan lain-lain.

Jika Anda merasa sudah mengenali target bisnis Anda dengan baik namun penjualan Anda belum meningkat juga, tidak ada salahnya bila Anda mencoba memperluas target bisnis Anda. Mungkin Anda memerlukan lebih banyak modal, misalnya untuk mengirim barang ke pelanggan Anda atau menemui klien di kota lain. Akan tetapi, mungkin saja selama ini Anda tidak tahu bahwa ternyata permintaan produk atau jasa Anda cukup tinggi di wilayah lain. Anda bisa menentukan berapa lama Anda ingin menjalani strategi ini.

2. Cari Referral

Pelanggan atau klien Anda saat ini merupakan aset bisnis Anda yang berharga. Mereka memiliki potensi untuk mendatangkan lebih banyak calon pelanggan untuk Anda. Anda bisa mengadakan program seperti member get member dengan memberikan penawaran spesial kepada pelanggan Anda saat ini, misalnya dengan memberikan diskon khusus. Anda pun bisa mencantumkan testimonial mereka pada brosur atau website Anda agar orang-orang yang melihatnya menjadi tertarik dan lebih percaya pada produk atau jasa Anda.

3. Gunakan Internet Marketing

Anda tidak bisa hanya mengandalkan direct marketing untuk meningkatkan penjualan Anda. Selain membutuhkan effort yang lebih besar, pemasaran langsung juga tidak bisa menjangkau banyak prospek seperti yang bisa dilakukan internet marketing. Coba Anda perhatikan, kini bahkan ada banyak penjual dengan omzet bulanan yang luar biasa hanya dengan menjual produk atau jasanya melalui media sosial. Jika mereka bisa, mengapa Anda tidak?

Menayangkan iklan di internet sudah terbukti jauh lebih murah dan efektif dibandingkan dengan iklan di TV, radio, atau billboard. Anda bisa melacak dengan mudah orang-orang yang melihat dan mengklik iklan Anda di internet. Platform periklanan seperti Adwords sangat mudah dibuat dan dipahami sehingga Anda tidak perlu kursus untuk mempelajarinya. Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan prospek Anda melalui media sosial populer seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

4. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Jika Anda ingin sukses dalam penjualan Anda, maka Anda tidak boleh mengabaikan pelanggan Anda. Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa pelanggan Anda merupakan aset bisnis Anda yang berharga sehingga Anda harus selalu menjaga mereka. Pelayanan yang cepat, ramah, dan konsisten akan selalu diingat oleh pelanggan sehingga besar kemungkinannya bila mereka akan menceritakan pengalaman baik yang mereka dapatkan ke banyak orang.

Tentunya ini berpotensi mendatangkan lebih banyak prospek untuk Anda. Membuat survei kepuasan pelanggan akan sangat membantu Anda dalam mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki dalam bisnis Anda.

5. Buat Promosi Jangka Pendek Secara Berkala

Anda mungkin berpikir bahwa mengadakan diskon secara berkala sangat bertentangan dengan peningkatan penjualan, tetapi strategi sale ini sebenarnya penting untuk menarik calon pelanggan. Mengenai metode diskonnya, Anda bisa pilih sesuai dengan preferensi Anda, misalnya dengan menjual beberapa item dalam satu paket dengan harga diskon (disebut dengan cross-selling) sehingga prospek akan lebih tergiur untuk membelinya dalam satu paket ketimbang satuan. Sebaiknya Anda melakukan strategi ini di pertengahan bulan sehingga omzet Anda akan tetap tinggi di tanggal tua.

Untuk membantu Anda meningkatkan penjualan serta mengefisiensikan biaya operasional, Anda bisa mengandalkan bantuan software manajemen penjualan. HashMicro, penyedia software bisnis di Indonesia, menyediakan beberapa software yang dapat membantu mengoptimalkan penjualan Anda, di antaranya yakni Sales & Lead Management, CRM, dan Marketing Automation.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun