Tekno

Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur

17 April 2018   13:36 Diperbarui: 17 April 2018   15:40 335 0 0
Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur
Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur/www.metering.com

Industri Manufaktur merupakan salah satu industri yang paling berkembang pesat saat ini. Dengan semakin meningkatnya permintaan konsumen dan bertambahnya jumlah perusahaan manufaktur yang memproduksi produk yang serupa, maka perusahaan manufaktur harus menemukan siasat agar mampu bertahan dalam industri yang sangat kompetitif tersebut. 

Salah satu cara efektif yang bisa ditempuh oleh pemilik perusahaan manufaktur adalah dengan memanfaatkan software ERP untuk membantu mereka menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional serta meningkatkan keuntungan bisnis mereka.

Software ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan perangkat lunak yang mengingtegrasikan seluruh aspek bisnis sehingga membuat prosesnya bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Perusahaan manufaktur semestinya tidak lagi menjalani proses bisnisnya secara manual, karena ini sangat memakan waktu dan menghabiskan banyak biaya. 

Software ERP membantu perusahaan manufaktur mengotomatiskan sebagian besar operasi bisnisnya, sehingga perusahaan dapat lebih fokus memenuhi permintaan konsumen dan meningkatkan kualitas produk mereka. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa software ERP penting bagi perusahaan manufaktur.

Menyimpan seluruh dokumen penting secara aman

Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur/www.shutterstock.com
Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur/www.shutterstock.com
Perusahaan manufaktur, terutama yang berskala besar sudah semestinya meninggalkan paperworkatau segala pekerjaan yang berhubungan dengan kertas. Menyimpan tumpukan dokumen dalam bentuk kertas sangatlah tidak efisien dan tidak aman, karena kertas sangat mudah rusak dan hilang. Akan tetapi, menyimpan dokumen dengan hard disk juga tidak bisa menjamin keamanan datanya, apalagi jika ada banyak pihak yang menggunakannya. Selain itu, bayangkan berapa banyak hard disk yang harus dibeli oleh perusahaan?

Software ERP memungkinkan perusahaan untuk mengakses berbagai data melalui satu sistem. Perusahaan dapat memberikan hak akses untuk karyawan yang diberikan tanggung jawab untuk mengelola data tersebut. Software ERP berbasis Cloud bahkan memungkinkan siapa saja yang memiliki hak akses untuk mengelola data dari mana pun dan kapan pun.

Memantau inventaris seperti bahan baku & barang jadi

Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur/www.portofantwerp.com
Alasan Mengapa Software ERP Penting bagi Perusahaan Manufaktur/www.portofantwerp.com

Manajemen inventaris merupakan salah satu aspek paling penting dalam perusahaan manufaktur. Dengan bantuan software ERP, perusahaan dapat memantau pergerakan seluruh stok barangnya dengan lebih mudah. Fitur-fitur yang ada di software ERP memudahkan perusahaan dalam mengidentifikasi produk-produk yang paling laku, dan yang dan kurang laku di pasaran sehingga perusahaan dapat mengatur pembelian dan pengadaan barang secara lebih efisien serta melakukan inovasi terhadap produk-produk yang dihasilkannya di kemudian hari.

Mengintegrasikan seluruh elemen perusahaan

https://www.hashmicro.com/id/inventaris
https://www.hashmicro.com/id/inventaris

Software ERP dapat mengintegrasikan seluruh departemen dalam perusahaan manufaktur, antara lain divisi keuangan, human resource, inventaris, sales, dan layanan pelanggan. Ini artinya, perusahaan tidak perlu lagi mengawasi dan mengelola departemen-departemennya secara manual dan terpisah. Seluruh departemen dapat berkoordinasi melalui satu sistem yang sama dan perusahaan bisa mendapatkan informasi lengkap dari seluruh departemen secara real-time.

Membuat dan mengelola work order secara otomatis

Membuat dan mengelola work order secara otomatis/jcmanagement.co
Membuat dan mengelola work order secara otomatis/jcmanagement.co

Software ERP memungkinkan manajer untuk membuat perintah kerja atau work order secara otomatis yang meliputi tanggal dan waktu eksekusi, nama pelanggan, sales order,  kontrak sales, kuantitas produk, kepada siapa work order tersebut ditugaskan, dan lain-lain. Setiap work order memiliki routing code (kode perutean) sehingga memudahkan manajer memantau rutenya. Manajer dapat melakukan checklist untuk setiap tugas dalam berdasarkan work order dan memastikan tidak ada tugas yang terlewatkan atau tidak terselesaikan.

Melancarkan manajemen supply chain & proses fulfillment

Membuat dan mengelola work order secara otomatis/www.supplychaineducation.com
Membuat dan mengelola work order secara otomatis/www.supplychaineducation.com

Dengan bantuan software ERP, perusahaan dapat memastikan bahwa proses manufaktur berjalan lancar dan permintaan pelanggan dapat terpenuhi tepat waktu. Manajemen supply chain dalam software ERP meliputi koordinasi, penjadwalan dan pengendalian procurement (pengadaan), produksi, pengelolaan stok, hingga pengiriman barang.  Melalui fitur manajemen supply chain, perusahaan dapat membuat perencanaan untuk pembelian barang dan mengendalikan pengadaan barang dengan lebih baik sehingga ini akan sangat berdampak pada penghematan biaya pengeluaran perusahaan.

Membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat

Membuat dan mengelola work order secara otomatis//www.emotivebrand.com
Membuat dan mengelola work order secara otomatis//www.emotivebrand.com

Yang satu ini adalah alasan yang paling krusial. Melalui laporan mendalam (in-depth report) yang dihasilkan melalui software ERP, perusahaan manufaktur akan mendapatkan data yang lengkap mengenai seluruh aspek operasi bisnisnya, di antaranya yakni penjualan, informasi mengenai pelanggan, laba dan rugi, informasi stok, akuntansi, tenaga kerja, dan masih banyak lagi. Semua data yang dihasilkan secara real-time tersebut tentunya akan mendukung para pemangku kepentingan dalam membuat keputusan yang lebih akurat. Hal ini akan sangat berdampak pada kelangsungan perusahaan.

Jika pada awalnya Anda masih bingung apakah Anda perlu menerapkan sistem ERP atau tidak, semoga setelah membaca artikel ini, Anda menjadi lebih paham mengenai seberapa pentingnya software ERP bagi perusahaan manufaktur Anda.