Mohon tunggu...
Kanopi FEBUI
Kanopi FEBUI Mohon Tunggu... Jurnalis - Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UI

Kanopi FEBUI adalah organisasi yang mengkhususkan diri pada kajian, diskusi, serta penelitian, dan mengambil topik pada permasalahan ekonomi dan sosial di Indonesia secara makro. Selain itu, Kanopi FEBUI juga memiliki fungsi sebagai himpunan mahasiswa untuk mahasiswa program studi S1 Ilmu Ekonomi dimana seluruh mahasiswa ilmu ekonomi merupakan anggota Kanopi FEBUI.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

"Personal Branding Economics", Implikasinya terhadap Kehidupan Profesional

3 Desember 2021   21:28 Diperbarui: 13 Desember 2021   10:46 603 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi membangun personal branding di media sosial. (Dok. Shutterstock via kompas.com)

"All of us need to understand the importance of branding. We are CEOs of our own companies: Me Inc. To be in business today, our most important job is to be head marketer for the brand called You." - Tom Peters

Saat kita mendengar nama Raditya Dika, kita akan langsung mengetahui bahwa ia adalah seorang komedian yang sangat digemari. 

Saat mendengar nama Maudy Ayunda, kita langsung memiliki gambaran seorang wanita yang sangat cerdas dan artis yang amat berbakat. Gambaran ini adalah kesan pertama yang orang-orang miliki tentang mereka. Apakah itu kesan yang bagus?

Satu hal yang pasti, Raditya Dika dan Maudy Ayunda merupakan dua orang yang sangat terkenal di Indonesia, yang dihormati oleh banyak orang dan memiliki net worth yang tinggi. 

Hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana seseorang seperti Radit ataupun Maudy dapat menggapai status yang "tinggi" dalam kehidupan sosial dan ekonomi

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah personal branding. Mungkin Anda sering mendengar dari berbagai motivator, bagaimana personal branding adalah cara pengembangan diri yang baik? Tapi apakah anda tahu bahwa personal branding bisa mempengaruhi posisi ekonomi seseorang dalam kehidupan profesionalnya?

Dalam esai ini, kita akan melihat bagaimana cara kerja personal branding dan korelasinya dengan kehidupan profesional seseorang. Kita juga akan melihat dan menggunakan beberapa teori ekonomi, antara lain social capital theory dan job market signaling.

Kemunculan Personal Branding

Istilah personal branding dipopulerkan oleh Tom Peters pada tahun 1997 dengan artikelnya yang berjudul ''The Brand Called You". Dalam artikel tersebut, Tom Peters menjelaskan bahwa personal branding sebenarnya memiliki prinsip fundamental yang sama dengan product branding yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

The Brand Called You. Sumber: fastcompany.com
The Brand Called You. Sumber: fastcompany.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan