Mohon tunggu...
Kangmox
Kangmox Mohon Tunggu... Bismillah

Tinggalkan cerita untuk mereka yang hidup setelah kita. Berbagi bahagia dan kebaikan bagi mereka yang hidup sezaman dengan kita.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kendaraan Niaga Penjaga Lingkungan dan Teman Meraih Keuntungan

28 April 2021   10:00 Diperbarui: 29 April 2021   14:07 1573 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kendaraan Niaga Penjaga Lingkungan dan Teman Meraih Keuntungan
Isuzu NMR 81 di Pameran (Dok. cintamobil.com)

Tujuan setiap pebisnis adalah meraih keuntungan. Setiap langkah perencanaan pasti ditargetkan untuk mendapatkan hasil terbaik. Begitu juga Isuzu ELF NMR sebagai kendaraan niaga yang diciptakan menjadi teman Anda meraih tujuan tersebut. Ditambah kesiapannya dalam penerapan standar emisi Euro 4 yang pasti memberikan dampak positif untuk langit Indonesia lebih sehat.  

Kebutuhan kendaraan niaga atau pengangkut barang seperti mobil box dan truk meningkat seiring tingginya proses pengantaran barang. Hal ini merupakan satu di antara dampak pandemi Covid-19, yang mana setiap dari kita dilarang untuk banyak bertatap muka dengan orang banyak. Maka metode berbelanja dilakukan secara online dan menggunakan jasa pengiriman.

Sementara yang jarang diketahui adalah bahwa ada peran kendaraan pengangkut pesanan kebutuhan kita yang mana masih menggunakan mesin dengan standar emisi Euro 2. Dampaknya dalam mencemari kualitas udara cukup besar.

Tapi jelas ya, umumnya yang mengantarkan pesanan sampai ke depan pintu rumah adalah menggunaan sepeda motor. Kecuali untuk beberapa barang yang dimensinya besar dan harus menggunakan mobil.

Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 lalu bersama UN Climate Conference COP21 di Prancis telah mendatangani kesepakatan yang isinya komitmen untuk menurunkan emisi sebesar 29% pada tahun 2030.

Pandemi ini ternyata turut mengganggu perkembangan industri otomotif tanah air. Pasalnya ketetapan pemerintah untuk implementasi standar emisi Euro 4 pada kendaraan diesel tertunda yang awalnya tahun 2021 menjadi tahun 2022.

Adapun pegangan pemerintah dalam implementasi ini adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Kendaraan Bermotor Tipe Baru M, N, dan O.

Dari data yang diambil di iqair.com tercatat pada tahun 2020 Indonesia menjadi negara nomor sembilan pencemaran udara terburuk. Jika melihat ke beberapa negara tetangga, Indonesia tertinggal dari India, Thailand, dan China yang sudah memakai Euro 4 sejak beberapa tahun lalu.

Untuk tingkat nasional, kota yang mendapatkan peringkat terburuk adalah Surabaya, Jawa Timur. Sementara yang mendapatkan nilai kualitas udara terbaik adalah Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Pemerintah dalam GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (6/3/2020) melalui Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika menyampaikan bahwa sudah seharusnya "khusus" yang bermain di sektor kendaraan komersial dan memakai mesin diesel menerapkan standar emisi Euro 4.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN