Mohon tunggu...
Kangmox
Kangmox Mohon Tunggu... Yang Terdekat

Wujudkan impian dengan sederhana, namun bermanfaat luar biasa. Turing dan turing.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Kebut Pahala di Bulan Suci, Bikers UI Lakukan Ini

24 Mei 2019   10:31 Diperbarui: 24 Mei 2019   10:46 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kebut Pahala di Bulan Suci, Bikers UI Lakukan Ini
Dokumentasi Bikers UI 

Tidak dipungkiri bahwa dunia biker sudah tercoreng dengan kelakuan segerombolan orang tidak bertanggungjawab membuat gaduh masyarakat Indonesia. Namun itu hanyalah sebagian kecil yang terlihat dan dapat dikatakan mereka bukanlah biker, kecuali hanya memanfaatkan sepeda motor untuk aktivitasnya.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang spesial bagi umat Islam, begitu juga bagi para biker yang sudah dikenal dengan kegiatan Sahur on The Road (SOTR). Tapi itu dulu, karena selain banyaknya penyalahgunaan momen ternyatawaktu baik  berbagi di bulan Ramadhan adalah saat berbuka puasa.

Dalam riwayat haditsnya Tirmidzi dan Ibnu Majah disampaikan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda bahwa siapa memberi makan orang berpuasa akan mendapatkan pahala seperti yang berpuasa  tersebut tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya. Asyik benerkan.  

Berangkat dari hal ini Forum Biker Universitas Indonesia setiap Ramadhan selalu mengagendakan kegiatan berbagi yang pelaksanaannya di waktu buka puasa. Misalnya pada tahun 2017, mereka mengundang Panti Asuhan Yatim Piatu untuk mengajak anak asuhnya buka puasa bersama mereka, petugas kebersihan luar dan dalam, serta Pengelola Sepeda  UI Kampus Depok.

Dokumentasi Bikers UI
Dokumentasi Bikers UI

Selain mengejar keutamaan memberi makan orang yang berpuasa kegaitan ini juga sekaligus bisa memperoleh predikat taffaquh fiddin alias memiliki ilmu agama dengan baik dikarenakan dua sifat  telah dimiliki. Yaitu alim dan dermawan yang akhirnya bisa menduduki predikat hamba Allah yang paling tinggi.

:

"Dunia itu untuk 4 jenis hamba: Yang pertama, hamba yang diberikan rizqi oleh Allah serta kepahaman terhadap ilmu agama. Ia bertaqwa kepada Allah dalam menggunakan hartanya dan ia gunakan untuk menyambung silaturahim. Dan ia menyadari terdapat hak Allah pada hartanya. Maka inilah kedudukan hamba yang paling baik." (HR. Tirmidzi, no.2325, ia berkata: "Hasan shahih")

Dokumentasi Bikers UI 
Dokumentasi Bikers UI 

Dengan mengajak elemen yang ada di tingkat pusat administrasi (rektorat) Bikers UI tahun ini akan menyelenggarakan kegiatan  serupa. Yang juga menggandeng komunitas Pecinta Al-Qur'an, Komunitas Syiar Islam dan unit kerja bidang urusan hubungan alumni DPKHA. Untuk pihak luar mereka menggaet Kitabisa.com.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x