Mohon tunggu...
Imam Maliki
Imam Maliki Mohon Tunggu... Wiraswasta - Manusia yang ingin berbuat lebih, melebihi rasa malas

Entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Keseruan Menulis di Kompasiana

8 Mei 2018   20:40 Diperbarui: 8 Mei 2018   21:09 723
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hampir 7 bulan saya tergabung dengan group kompasiana, tepatnya 27 Oktober 2017. Group yang menjadi perantara saya berkenalan dengan komunitas Bolang (Blogger Kompasiana Malang). Kenal komunitas Bolang sekitar 2 bulan yang lalu, ketika ada Bimbingan Teknis (bimtek) penulisan sejarah yang di selenggarakan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Kartika Graha Malang. Saya menampilkan tulisan di kompasiana sebagai bukti pernah menulis di media massa atau blog.

Selesai acara bimtek, saya di masukkan group WA Bolang, ternyata kegiatan komunitas ini banyak sekali. 3 kegiatan terakhir yaitu bolang nangkring di Rumah Makan Ayam geprek cak pir dengan perusahaan olie BM1, Review 17 kampung tematik di kota Malang dan review kopi unggulan di Coffee se Malang Raya dalam Malang Sejuta Kopi (MSK).

TAHU HAL BARU DI KOMPASIANA

Saya 2 kali mencoba ikut kompetisi yang di adakan kompasiana. Tapi tidak berharap memenangkan lomba, karena yakin dengan kemampuan menulis yang masih 'pupuk bawang'. Beberapa hal yang saya baru tahu di antaranya: ketika ada kompetisi blog Kompasiana penulis wajib mencantumkan label tertentu, ini saya tidak mengerti maksutnya, baru sebulan ini saya baru paham setelah di jelaskan anggota Bolang..hehe..

Kualitas menulis pun saya juga baru paham sebulan ini ketika mereview MSK, ternyata ada katagori artikel TERPILIH ada artikel UTAMA. Saat itu saya heran tulisan saya yang mempunyai katagori TERPILIH mempunyai Viewer lebih banyak dari pada artikel saya yang saya tulis 5 hari sebelumnya. Setelah di jelaskan anggota Bolang saya baru tahu, maksut dari katagori-katagori itu.

Sampai saat ini sudah ada 30 artikel saya. Sebelum ada momen MSK, menulis artikel hanya ketika senggang saja, bahkan sebulan hanya sekali. Itupun saya malu untuk membaca kembali tulisan saya yang sudah tayang, karena tulisannya 'norak'. Sebagai penulis saya bisa merasakan ada perbedaan karakter menulis, saat ini menulis bisa lebih terarah. Ada masukan dari teman-teman Bolang tips dan trik menulis yang baik. Terbukti sebulan ini ada 3 tulisan yang masuk menjadi artikel UTAMA.

Ketidaktahuan saya yang lain adalah program K-Reward yang mewajibkan penulis mempunya nomer Mandiri e-cast, setelah browsing saya baru tahu apa itu Mandiri e-cast... hehe..

Ketidaktahuan yang lain yang sampai detik ini saya belum tahu adalah, ketika ada komentar dari pembaca saya tidak dapat membalas komentar itu. Teman Bolang menyarankan untuk coba di balas lewat HP, setelah saya coba lewat HP pun ternyata masih belum bisa. Jadi ketika saya menulis balasan komentar, setelah saya tulis dan saya pencet KIRIM tulisan langsung hilang tak berbekas. Untuk mem-follow pun juga tidak bisa. Lewat tulisan ini mungkin admin bisa menjelaskan di kolom balasan, tapi jangan harap saya balas...hehe

Ada manfaat yang langsung bisa di rasakan dengan terbiasa menulis di Kompasiana yaitu selalu mencoba berpikir kritis, ada ilmu baru yang di share penulis kompasiana lain dan ada kepuasan ketika tulisan mendapat apresiasi dari pembaca.

Selamat menulis. wassalam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun