Mohon tunggu...
Kang Arul
Kang Arul Mohon Tunggu... www.dosengalau.com

www.dosengalau.com | sering disebut sebagai dosen galau membuatnya sering galau melihat kehidupan. Lulusan S3 Kajian Media dan Budaya dari UGM Jogjakarta ini menjadi konsultan media digital yang telah menulis lebih dari 100 buku dan memublikasikan ratusan artikel secara nasional dan internasional.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Bagaimana Mencari Jejak Pesawat yang Hilang

10 Maret 2014   14:24 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:06 1184 8 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Mencari Jejak Pesawat yang Hilang
flightradar1

Saya lupa kapan tepatnya, tetapi saya ingat peristiwa itu. Di suatu pagi boarding pass dan tiket saya sudah digenggam dan saya sudah masuk ke ruang tunggu. Pesawat direncanakan akan terbang ke Pontianak, Kalimantan Barat dengan menggunakan maskapai nomor satu di negeri ini. Namun, yang terjadi kemudian adalah penerbangan harus tertunda alias delay karena ada "masalah" dan pesawat mesti diperbaiki dahulu. Penundaan itu berlangsung lebih dari tiga jam dan sebagai bentuk "penyelasan" maskapai semua penumpang diarahkan menuju sebuah ruang tunggu penumpang (lounge) yang terbilang ekslusif. Saya sebenarnya tidak masalah, apalagi di dalam lounge itu tersedia makan dan minum yang bisa dinikmati secara gratis. Kursi yang nyaman untuk diduduki sambil membaca majalah plus koran yang juga gratis. Sudut yang bagi saya cukup cozy untuk berselancar di ruang maya tanpa mengkhawatirkan pasokan listrik di laptop dan wifi yang kuenceng banget. Pertanyaannya adalah bagaimana mereka yang akan menjemput saya? Awalnya mereka sms menanyakan apakah saya sudah terbang dan saya jawab dengan pesawat tertunda. Setiap setengah jam kemudian, telepon genggam saya selalu berbunyi dan sebuah sms masuk dengan menanyakan apakah pesawat sudah terbang. Saya hanya bisa menjawab... saya belum tahu kapan jadwal pastinya.  Dan itu berlangsung selama leih dari empat jam. Bete? Jelas.... saya aja yang di ruang tunggu dengan fasilitas kuliner plus wifi aja bete sureta apalagi yang menjemput. Dan pengalaman menjemput ini tentu pernah dirasakan oleh sebagian besar dari kita. Pengalaman yang tidak pasti kapan pesawat itu take off maupun landing. Karena ajaibnya jadwal pesawat di negeri ini seringkali tidak tepat waktu. Tapi, sekarang saya tidak perlu galau dan risau lagi. Wah, bahasanya kayak iklan banget, sih. Ada aplikasi realtime di internet yang bisa menunjukkan dan mengetahui bagaimana kondisi pesawat. Kapan landing, berada di ketinggian berapa, kapan take off, berapa lama lagi tiba, bagaimana cuacanya dan sebagainya. Istilahnya kita bisa mendapatkan radar pesawat sendiri, tidak hanya di Indonesia tetapi seluruh pesawat di dunia... kecuali akhirat :). Bahkan --semoga ini tidak terjadi dan menimpa kepada kita semua-- kita juga bisa mengetahui riwayat perjalanan pesawat dan jalur mana saja yang dilalui sebelum terjadi kecelakaan. Ada banyak aplikasi yang serupa, namun saya ambil salah satunya, yakni Flightradar24.com. Yuk, intip penampakannya alias screenshot

Yup, anda tinggal klik Flightradar24 dan sayapun langsung dapat informasi terkini tentang pesawat yang terbang memenui langit-langit Indonesia. Beberapa fitur yang bisa saya dapatkan adalah: 1. Gambar realtime semua pesawat yang terbang 2. Informasi penerbangan berdasarkan kode maskapai penerbangan 3. Informasi penerbangan berdasarkan ketinggian pesawat 4. Informasi penerbangan berdasarkan airport Dan semua informasi itu ramah akses. Saya yang gagap bahasa Inggris, karena situs ini disajikan dalam bahasa non-Indonesia, juga langsung bisa menggunakannya. Bahkan saya bisa mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa diunduh di perangkat pintar yang saya miliki. Ini tautan aplikasinya Apk Flightradar24.

Apakah aplikasi ini terpercaya? Duh, susah menjawabnya. Tapi ada dua alasan yang bisa saya kemukakan:  pertama, saya baru saja sepekan ini menggunakannya dan hasilnya lumayan tepat sehingga saya bisa memperkirakan kapan waktu yang pas menjemput kenalan di bandara; kedua, aplikasi ini ternyata juga digunakan oleh salah satu situs berita online untuk melakukan pelacakan terhadap tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airline di bawah judul "Did Missing Malaysia flight DISINTEGRATE at 35,000 feet?"

Ini salah satu kelebihan (lagi) dari aplikasi ini. Bahwa saya bisa melihat rekaman penerbangan pesawat dari waktu dan jam yang diinginkan.  Ada fasilitas "Playback" di aplikasi maupun situs ini dan fasilitas itu digunakan oleh http://www.dailymail.co.uk/ untuk melacak keberadaan pesawat Malaysia yang hilang tersebut.

Tidak hanya berada di mana, tampilan riwayat penerbangan ini juga menunjukkan jalur mana yang diambil oleh pesawat tersebut. So, buat Anda yang sering menggunakan jasa pesawat dan juga buat yang sering menjemput saudara, kenalan, atau tamu di bandara tidak ada salahnya menggunakan aplikasi ini.

VIDEO PILIHAN