Mohon tunggu...
M. Hafizhuddin
M. Hafizhuddin Mohon Tunggu... Kang Apis

Anggota Paguyuban Tidur Berdiri di Commuter Line

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Ini Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

17 Juli 2019   18:29 Diperbarui: 19 Juli 2019   11:06 0 5 2 Mohon Tunggu...
Ini Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Alberto "Beto" Goncalves bersama Irfan Bachdim, Andik Vermasyah, dan Ricky Fajrin merayakan gol ke gawang Vanuatu (15/06). | sumber: pssi.org

Undian kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 zona Asia baru selesai dilaksanakan di Kantor AFC, Kuala Lumpur, Malaysia (17/07). Timnas Indonesia akan bertemu dengan Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab yang tergabung dalam grup G.

Sebelumnya dalam undian ini ada 40 negara yang ditempatkan dalam 5 pot, disusun berdasarkan ranking FIFA bulan Juni 2019, untuk kemudian dibagi ke delapan grup. Indonesia berada di ranking 160 sehingga menempati pot terakhir.

Bergabungnya Indonesia dengan tiga negara Asia Tenggara dalam satu grup jelas menjadi pertarungan yang menarik. Ditambah satu slot diisi oleh Uni Emirat Arab, negara yang belum lama ini kita jumpai di Asian Games tahun lalu.

Di satu sisi, Indonesia beruntung tidak bertemu dengan tim kuat Asia lainnya seperti Iran, Jepang, atau Korea Selatan. Namun di sisi lain, Vietnam, Thailand, dan Malaysia bukan juga lawan yang mudah. Tentu mereka tahu betul gaya bermain timnas Indonesia meski sekarang dilatih oleh pelatih yang tergolong baru, Simon McMenemy.

Tim Cahill, legenda sepak bola Australia saat melakukan pengundian negara peserta Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 | sumber: Youtube/FIFA
Tim Cahill, legenda sepak bola Australia saat melakukan pengundian negara peserta Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 | sumber: Youtube/FIFA

Dengan hasil ini juga berarti membuat Asia Tenggara tak akan punya banyak wakil yang lolos ke babak selanjutnya. Sebab hanya juara grup dan 4 runner-up terbaik yang akan lolos.

Negara Asia Tenggara lainnya, Filipina harus bertemu Cina, Suriah, Maladewa, dan Guam di Grup A. Kamboja lebih berat karena berhadapan dengan Irak, Iran, Bahrain, dan Hongkong (Grup C). Pun Singapura yang berada satu grup dengan Arab Saudi, Uzbekistan, Palestina, dan Yaman (Grup D). Sementara Myanmar ditantang Jepang, Kirgistan, Tajikistan, dan Mongolia (Grup F).

Uniknya, hasil undian kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini juga digunakan untuk kualifikasi Piala Asia 2023. Oleh karena itu, setiap negara harus benar-benar memaksimalkan fase ini untuk mengamankan posisi di dua turnamen itu. Piala Asia 2023 sendiri akan dilaksanakan di Tiongkok.

Jadwal Timnas Indonesia
Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini menggunakan format double round robin alias semua tim bertemu dua kali, kandang dan tandang. Para pendukung timnas Indonesia bisa dibilang cukup lega karena tak perlu terlalu jauh untuk mendukung perjuangan Garuda saat laga tandang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x