Mohon tunggu...
KANG AMIN
KANG AMIN Mohon Tunggu... Guru - Guru di MTs. Umdatur Rasikhien

Nama : Amin- Hobi : Berkebun- Konten kesukaan : Sosial, sejarah, lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Special Moment" Peringatan Hari Guru Yayasan Umdatur Rasikhien Jakarta (25-26 Nopember 2022)

30 November 2022   11:15 Diperbarui: 30 November 2022   11:23 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru adalah garda terdepan penyelenggaraan Pendidikan. Sekalipun tekonologi sudah semakin maju, namun keberadaan guru masih menjadi faktor penentu dalam mengantar peserta didik menuju tumbuh kembang kedewasaan sikap dan kepribadian.  Guru masih mendapat tempat dalam budaya masyarakat Indonesia, sehingga kedudukan seorang guru sangat dihormati. Dalam kitab Ta'lim Al Muta'allim dijelaskan bahwa dalam proses pembelajaran ilmu menjunjung tinggi otoritas. Guru, merupakan sentral dalam proses belajar-mengajar. Ia menggabungkan tugas secara integral sebagai pendidik sekaligus sebagai uswah (contoh), mursyid (pembimbing), muraqib (pengawas).

Pada hari guru nasional tahun ini yang jatuh pada tanggal 25 Nopember 2022, Yayasan Umdatur Rasikhien Jakarta (Yurja) mengadakan serangkaian kegiatan sebagai salah satu penghormatan dan penghargaan kepada guru-guru yang bernaung di Yayasan Umdatur Rasikhien Jakarta, baik yang berada di Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun yang bertugas di Madrasah Tsanawiyah (MTs), atas segala dedikasi dan upaya dalam penyelenggaraan pendidikan sampai saat ini.  Tema kegiatan hari guru yang dipilih adalah  BAKTIKU (Berkhidmat Ajarkan Kecintaan Terhadap Ilmu dan Kemaslahatan Ummat). Adapun serangkaian kegiatan yang diadakan antara lain :

Tanggal 25 Nopember 2022

Istighotsah melalui pembacaan Ratibul Haddad secara berjama'ah

Hari guru nasional tahun 2022 bertepatan dengan hari Jum'at, tanggal 22 Nopember 2022. Hari Jum'at dalam pandangan Islam merupakan hari yang sangat spesial, hari yang diagungkan karena menjadi penghulunya hari dalam seminggu (Sayyidul Ayyaam), Imam As-Syafii' dalam kitab Musnadnya dari sahabat Ibnu Al-Musayyab. menukil hadits Nabi Muhammad SAW ;

 
:{ }.

Nabi SAW bersabda, "Tuannya hari-hari adalah hari Jumat."

Kegiatan istighotsah yang dilaksanakan dalam rangka peringatan hari guru nasional di Yayasan Umdatur Rasikhien Jakarta dilaksanakan dengan melakukan pembacaan Ratib Al Haddad yang memang sudah biasa dilakukan pada setiap Jum'at pagi. Adapun do'a-do'a dipanjatkan kepada Allah untuk para pendiri dan guru-guru yang pernah mengabdi di Yayasan Umdatur Rasikhien Jakarta, semoga amal bakti mereka semasa hidup diganjar dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT, dan segala kealpaan, kekurangan dan dosa-dosa semasa hidupnya diampuni oleh Allah SWT. Sementara untuk seluruh guru, tenaga kependidikan, pengurus Yayasan dan stakeholder di Yayasan Umdatur Rasikhien Jakarta semoga diberikan umur yang berkah, ilmu yang manfaat, rizki yang luas dan halal serta kemudahan dalam segala urusan.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 06.00 s.d 07.00

Upacara peringatan Hari Guru Nasional

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun