Mohon tunggu...
Kang Jenggot
Kang Jenggot Mohon Tunggu... Karyawan swasta

Hanya orang sangat biasa saja. Karyawan biasa, tinggal di Depok, Jawa Barat

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Sekjen GMNI Semprot Selebgram Rius Vernandes: Di mana Nasionalismemu, Bro!

14 Juli 2019   21:17 Diperbarui: 14 Juli 2019   21:27 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sekjen GMNI Semprot Selebgram Rius Vernandes: Di mana Nasionalismemu, Bro!
Sumber foto: Landor.com

Tengah ramai di media sosial, unggahan foto yang diposting oleh salah seorang selebgram bernama Rius Vernandes tentang daftar menu pakai tulis tangan di kelas bisnis maskapai Garuda. Foto soal tudingan daftar menu pakai tulis tangan di Garuda itu diunggah Rius di akun Instagramnya @rius.vernandes.

Rius yang punya lebih dari 93.000 pengikut ini di akun Instagramnya, membubuhi foto tersebut  dengan caption : "Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam percetakan Pak."

Tidak hanya itu, tak lama berselang, Rius lewat akunnya  @rius.vernandes kembali mengunggah sebuah foto yang masih berkaitan dengan foto pertama. Foto  kedua yang diunggah Rius menggambarkan  ruang customer service milik Garuda Indonesia. Dan kembali Rius menambahkan caption: 

"Intinya Garuda Indonesia minta maaf soal ini. Aduh asli gue juga gak marah atau gimana. Gue cuma sedang menjalankan job gue sebagai reviewer pesawat. Share apapun yang terjadi di pesawat. gitu doang." 

Terang saja, unggahan foto soal daftar menu di Garuda yang disebut Rius pakai tulis tangan menuai banyak reaksi. Salah satu yang bereaksi keras adalah
Sekjen DPP Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Clance Teddy. Tanpa tedeng aling-aling Teddy langsung menyemprot Rius Vernandes. Teddy mempertanyakan rasa nasionalisme si selebgram yang mengaku sebagai reviewer pesawat tersebut.

" Dimana rasa nasionalismemu bro! Rasa nasionalisme Rius Vernandes sudah sepatutnya dipertanyakan," cetus Teddy.

Kenapa Teddy sampai mempertanyakan nasionalisme Rius? Karena menurut Teddy,  Rius terkesan lebih mengagungkan maskapai penerbangan negara lain, dalam hal ini maskapai milik Singapura, Singapore Airlines (SQ). Rius terkesan menjelek-jelekkan maskapai kebanggaan nasional, Garuda Indonesia. Teddy pun merasa heran, kenapa Rius lebih memuji Singapore Airlines dan memojokkan Garuda. Karena ia dapat informasi, Rius punya proyek dengan SQ.

"  Apakah Rius memang sengaja dihire SQ untuk menyudutkan Garuda Indonesia? Karena dari informasi, pacar yang bersangkutan memang bekerja di SQ. Tak hanya itu, Rius kabarnya juga kerap mempunyai project bersama dengan SQ," kata Teddy.

Kalau benar, ia sebagai salah seorang anak bangsa, tak terima salah satu ikon bangsa disudutkan. Apalagi yang menyudutkan adalah orang Indonesia sendiri. Tentu siapa pun akan marah. Baginya, kalau memang kecurigaan itu benar, Rius punya proyek dengan SQ, sama itu Rius menikam dari belakang. Bahkan lebih jauh  jadi musuh dalam selimut.

" Silakan jika Anda mau jadi Youtuber atau kerja sama dengan pihak tertentu, tapi jangan hina bangsa sendiri," katanya.

Apalagi lanjut Teddy, pihak Garuda telah membantahnya. Artinya, apa yang disebarkan Rius, bisa jadi itu adalah informasi bohong atau hoax. Jika seperti itu, Rius berpotensi melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Khususnya, Pasal 27 ayat 3."  Saya tak bisa tinggal diam melihat kelakuan Rius ini. Saya berencana melaporkan yang bersangkutan ke pihak kepolisian," kata Teddy.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2