Mohon tunggu...
Muhammad Adib Mawardi
Muhammad Adib Mawardi Mohon Tunggu... Penulis Kelas Kecik

Profesiku adalah apa yang dapat kukerjakan saat ini. 😊

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Orang-orang Terbaik Menurut Rasulullah

29 April 2021   17:05 Diperbarui: 30 April 2021   06:53 430 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang-orang Terbaik Menurut Rasulullah
Ilustrasi orang tadarus Al-Qur'an oleh Utsman Media via Unsplash

Kawan, jika seseorang bertanya kepada kita tentang siapa sesungguhnya orang-orang yang terbaik di sisi Allah SWT, maka kita tentu menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan penjelasan yang pernah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW dalam hadits-hadits beliau. Beliau telah menerangkan pada kita tentang golongan orang-orang yang terbaik sebagaimana dijelaskan dalam hadits-hadits berikut:

Pertama, diantara golongan orang yang terbaik adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari berikut:

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya."

Rasulullah SAW tidak hanya menganjurkan kita untuk belajar Al-Qur'an, akan tetapi juga mendorong siapa saja supaya mau mengajarkan Al-Qur'an yang kita pelajari itu kepada orang lain. Artinya, seseorang sesungguhnya tidaklah cukup kebaikannya jika ia hanya berhenti pada belajar Al-Qur'an saja tanpa ia berusaha untuk mengajarkannya kepada orang lain setelah ia sendiri telah cukup memahaminya.

Oleh karena itu, dalam belajar Al-Qur'an sepatutnya haruslah sampai tingkat mahir. Yang tidak hanya mahir dalam membacanya, tetapi juga mahir dalam memahami isi kandungannya. Bahkan akan lebih sempurna lagi manakala juga mahir dalam mengamalkan isinya. Hal ini mengingat hakikat Al-Qur'an bukan hanya sekadar sebagai bacaan, melainkan juga sebagai kitab suci dan pedoman dari Allah SWT bagi seluruh ummat manusia.

Kedua, termasuk kategori orang terbaik berikutnya adalah orang yang paling baik sikapnya terhadap keluarganya. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi berikut:

"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik sikapnya terhadap keluarganya dan aku (Nabi Muhammad SAW) adalah orang yang terbaik diantara kalian terhadap keluargaku."

Kawan, Rasulullah SAW telah memberikan keteladanan pada kita mengenai cara untuk dapat bersikap baik terhadap keluarga. Beliau menjelaskan bahwa beliau sendiri adalah orang yang paling baik sikapnya terhadap keluarganya. Ini artinya untuk menjadi seorang suami yang baik dan memiliki keluarga yang baik, maka kita pun dapat meneladani amal keseharian beliau tersebut.

Sayyidah 'Aisyah RA, salah seorang isteri kinasih beliau telah menuturkan, "Bahwa Rasulullah SAW adalah seorang suami yang banyak melayani keluarganya. Beliau biasa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dalam perilaku kesehariannya. Tidak sampai di situ saja, beliau bahkan menjahit pakaian beliau sendiri, mengesol sandal sendiri, memerah susu kambing sendiri, hingga berbelanja ke pasar sendiri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya." Oleh karena itu, sebagaimana penjelasan beliau dalam hadits tersebut, orang terbaik adalah orang yang paling baik sikapnya terhadap keluarganya memang benar-benar telah beliau teladankan sendiri dalam setiap perilaku beliau.

Ketiga, orang terbaik adalah orang yang paling bisa diharapkan kebaikannya dan paling sedikit keburukannya. Hal ini sebagaimana diterangkan Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN