kang marakara
kang marakara Wiraswasta

Hanya lulusan sd. Belajar dan mengamalkan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tips Mengatasi Sulit Login di Kompasiana

18 Februari 2019   11:01 Diperbarui: 18 Februari 2019   11:15 67 12 7
Tips Mengatasi Sulit Login di Kompasiana
Screenshot pada web kompasiana.com/dokpri

Pagi ini rencananya hendak menulis satu puisi, ide di kepala sejak semalam sudah minta di eksekusi.

Habis shubuh, coba buka laman di kompasiana.mak jedeerrr....di coba login tapi koq nggak bisa,coba lagi nggak bisa juga. Beberapa kali mencoba hasilnya tetap sama, gagal.

Bingung, sedih, kesal, dan entah apalagi campur aduk di kepala ini. Pikiran pikiran burukpun mulai bersliweran, menari nari di dalam pikiran. Bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu, menambah ruwet persoalan.

Setelah berjuang dengan mencobah berbagai macam cara dan dengan dukungan semangat dari istri tercinta, (ini bukan gombal,buktinya aneka kue kesukaan saya terhidang di atas meja, ada kue lapis, nagasari, ondol ondol ditambah sebentar-sebentar dengan suara lembutnya, menanyakan apa sudah berhasil atau belum. "i love you, istriku) saya berhasil memecahkan masalah ini.

Pukul 09.10 wib saya sudah berhasil login seperti biasa. Alhamdulillah

Belajar dari kejadian ini dan mungkin teman-teman pemula seperti saya pernah mengalaminya, berikut saya rangkumkan beberapa cara atau tips mengatasi sulit login di akun kompasiana.

1)  Tetap Tenang

Ini kunci pertama dalam menghadapi masalah. Jauhkan pikiran pikiran buruk di kepala, tetap tenang dan jangan panik membuat kita bisa berpikir jernih untuk mencari solusi.

Berusaha tetap tenang dalam situasi seperti ini, memang bukan hal yang mudah apalagi bila mood menulis kita lagi tinggi-tingginya, ide di kepala biasanya mendesak desak minta pelepasan.

  2) Bertanya

Malu bertanya tidak bisa apa apa, cobah bertanya kepada para sahabat di kompasiana,atau siapa saja, mana tahu mereka pernah mengalami hal seperti ini,syukur syukur sekalian solusinya.

Tapi pada kasus saya terjadinya pada pagi hari, maka agak sedikit repot mau bertanya pada pak Ropingi takutnya beliau sedang berselancar dengan puisinya. Mau bertanya pada buk guru anis, jam-jam segitu pasti lagi repot dengan keluarganya.

Akhirnya buka google, lihat postingan teman teman yg pernah punya pengalaman serupa. Inipun saya rasa masih kagori bertanya.

 3) Jangan Berhenti Mencoba

Tiap orang pasti punya cara sendiri-sendiri dalam menyelesaikan masalah yang hampir sama. Tidak ada salahnya, kita coba berbagai cara dari mereka mana tahu ada yang cocok dengan masalah kita.

  4) Jadikan Masalah sebagai Peluang

Lagi menggebu gebu ingin menulis, tapi malah terhambat nggak bisa login bisa-bisa ide yang terkumpul di dalam kepala bisa hilang seketika.

Maka sambil mencari cara memecahkan masalah, niat awal untuk menulis harus tetap di pelihara. Istilahnya "menjadikan masalah sebagai peluang" Mungkin itu sedikit tips yang bisa saya bagikan, semoga ada manfaatnya.

Nb : mohon maaf kepada senior bila tulisan ini seperti menggurui. "kesalahan bukan pada pembacanya, kerusakan ada pada penulisnya".